Jumat 15 Mar 2024 20:28 WIB

Aliansi Perbankan Dunia akan Laporkan Emisi Terkait Pasar Modal

Perjanjian Paris PBB tahun 2015 wajibkan negara-negara untuk membatasi kenaikan suhu.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Sebuah koalisi iklim perbankan yang didukung PBB telah merilis panduan terbaru mengenai rencana pengurangan emisi karbon.
Foto: www.freepik.com
Sebuah koalisi iklim perbankan yang didukung PBB telah merilis panduan terbaru mengenai rencana pengurangan emisi karbon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah koalisi iklim perbankan yang didukung PBB telah merilis panduan terbaru yang mewajibkan para anggotanya untuk melakukan pengungkapan (disclosure) secara terperinci mengenai rencana pengurangan emisi karbon, termasuk dari aktivitas pasar modal mereka.

Net-Zero Banking Alliance (NZBA), yang beranggotakan 143 anggota dan mengawasi modal senilai 74 triliun dolar, menyatakan bahwa panduan ini juga mewajibkan pengungkapan data mengenai perencanaan transisi dan advokasi terkait iklim yang dilakukan oleh bank-bank tersebut.

Baca Juga

Pedoman tersebut mempertahankan ambisi koalisi dalam menghadapi latar belakang politik yang sulit, kata NZBA. Beberapa politisi AS adalah yang paling vokal dalam kritik mereka, mengutip kekhawatiran anti-trust.

"Kita masih berkutat di meja perundingan, kita tidak menguranginya dan bahkan memperluas cakupannya. Menggandakan suhu menjadi 1,5 derajat Celcius, dan tidak beranjak dari situ," kata Remco Fischer, kepala bidang iklim di U.N. Environment Programme Finance Initiative, yang berperan sebagai sekretariat NZBA.

Perjanjian Paris PBB tahun 2015 mewajibkan negara-negara untuk membatasi kenaikan suhu rata-rata global di bawah 2 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri dan menargetkan 1,5 derajat Celcius, sebuah tingkat yang jika dilewati, dapat membawa dampak perubahan iklim yang jauh lebih parah.

Pedoman terbaru ini menyoroti bahwa setiap bank harus bertindak secara independen, mengingat reaksi antimonopoli, namun pedoman ini juga mengacu pada rencana global untuk beralih dari bahan bakar fosil, sesuatu yang juga mendorong penolakan politik di Eropa.

Pedoman ini mengharuskan bank-bank untuk melaporkan emisi pasar modal, seperti emisi yang terkait dengan uang yang dikumpulkan untuk perusahaan melalui penerbitan obligasi atau saham. Mereka juga harus mengungkapkan cakupan masing-masing target pengurangan emisi mereka sebagai persentase dari eksposur mereka.

Sarah Kemmitt, yang mengepalai sekretariat NZBA, mengatakan bahwa dengan adanya nasihat hukum, mereka yakin tidak ada kasus yang perlu dijawab sehubungan dengan kritik terhadap keanggotaan bank dalam koalisi yang berkaitan dengan iklim.

"Kami telah memperoleh pandangan hukum. Kami pikir kami berada di posisi yang sangat aman dalam hal antimonopoli,” kata dia seperti dilansir Reuters, Jumat (15/3/2024).

Triodos Bank yang berbasis di Belanda telah menolak pedoman baru tersebut, karena merasa tidak yakin pedoman itu cukup ketat. Namun demikian, Triodos akan tetap berada dalam kelompok tersebut.

"Pedoman yang diperbarui tidak cukup ketat dan memberikan terlalu banyak kelonggaran kepada bank. Kami melihat pedoman ini lebih baik dibandingkan dengan proposal pertama, yang sebagian menjawab kritik kami,” kata Jacco Minnaar, chief commercial officer di Triodos Bank.

Di antara bank-bank besar di AS yang berpartisipasi dalam NZBA seperti Bank of America, Citi, JPMorgan, dan Wells Fargo, semuanya menolak permintaan Reuters untuk memberikan komentar.

Ivan Frishberg, kepala pejabat keberlanjutan di Amalgamated Bank yang berafiliasi dengan buruh, mengatakan bahwa panduan pasar modal yang baru ini sangat signifikan karena mendefinisikan pengungkapan apa saja yang harus dilakukan oleh bank-bank mengenai rencana mereka untuk mengurangi emisi.

Bendahara Negara Bagian West Virginia, Riley Moore, salah satu anggota Partai Republik AS yang mengkritik bank-bank karena terlalu memperhatikan pertimbangan lingkungan, mengatakan bahwa pedoman baru ini bertentangan dengan tugas fidusia bank, sekaligus merupakan upaya untuk memangkas modal dari batu bara, minyak, dan gas alam.

“Bank-bank dan lembaga-lembaga keuangan AS harus menarik diri dari NZBA dan organisasi-organisasi serupa, serta harus menolak upaya-upaya untuk memaksakan kebijakan-kebijakan iklim global pada sistem perbankan Amerika,” kata Moore dalam sebuah pernyataan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement