Jumat 15 Mar 2024 21:10 WIB

Ilmuwan Kaitkan Hubungan Antara Peternakan dan Perubahan Iklim, Ini Hasil dari Studi

Hewan yang berhasil diselamatkan dari banjir memiliki kekebalan tubuh lebih lemah.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Studi menunjukkan bahwa sapi yang diselamatkan dari banjir memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.
Foto: Republika.co.id
Studi menunjukkan bahwa sapi yang diselamatkan dari banjir memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para ilmuwan berusaha memahami hubungan antara peternakan dan perubahan iklim. Untuk melakukannya, mereka berfokus pada dampak bencana, di samping memeriksa praktik manajemen bencana yang umum diterapkan di Kanada, dengan menggunakan contoh Banjir Abbotsford.

Pada 17 November 2021, British Columbia dilanda banjir yang dipicu oleh curah hujan yang mencapai rekor dan mengakibatkan kematian setidaknya 500 ekor sapi, ribuan babi, dan lebih dari seratus ribu burung. Banjir Abbotsford adalah bencana pertanian dan kesejahteraan hewan terbesar yang pernah terjadi dalam sejarah British Columbia.

Baca Juga

Pada tahun 2023, provinsi paling barat dari Kanada ini mengumumkan Undang-Undang Keadaan Darurat dan Manajemen Bencana yang berubah dari pendekatan berbasis respons menjadi pendekatan yang berpusat pada empat fase berbeda yakni mitigasi, kesiapsiagaan, respons, dan pemulihan. Meskipun telah memperbarui undang-undang tersebut, penelitian yang dilakukan Elisabeth Stoddard, profesor di Worcester Polytechnic Institute, dan Stephanie Eccles seorang kandidat PhD di Concordia University, menunjukkan bahwa manajemen bencana hewan masih terabaikan.

Penelitian ini menyoroti perlunya keterlibatan masyarakat dan intervensi legislatif yang berkelanjutan pada dua isu utama. Pertama, proses penyelamatan dan kesejahteraan hewan. Kedua, ketahanan masyarakat pertanian yang lemah.

Protokol manajemen darurat British Canada memberikan empat opsi kepada produsen terkait hewan ternak selama bencana. Peternak dapat memilih untuk berlindung di tempat, merelokasi ke dalam peternakan, mengungsi ke luar peternakan, atau melepaskan ternaknya. Peneliti juga menemukan bahwa pilihan-pilihan tersebut semakin terbatas tergantung pada spesies yang diternakkan.

Sebagai contoh, berlindung di tempat sering kali menjadi satu-satunya pilihan untuk babi, ayam, dan kalkun karena masalah keamanan hayati, tantangan logistik, dan analisis biaya-manfaat yang sederhana dari perspektif pertanian.

“Memang, kami menemukan bahwa sebagian besar penggantian biaya relokasi yang didistribusikan oleh Kebijakan Relokasi Ternak diberikan kepada produsen susu dan daging sapi. Namun dari produsen tersebut, banyak yang memilih untuk mengevakuasi hewan ternak mereka langsung ke tempat pelelangan atau rumah potong hewan karena hilangnya padang rumput atau infrastruktur peternakan yang hancur,” kata Eccles seperti dilansir The Conversation, Jumat (15/3/2024).

Pertimbangan ini semakin diperumit dengan adanya perbedaan masa produksi dari berbagai spesies. Dampak kesejahteraan jangka panjang sebagian besar hanya relevan dalam produksi susu dan daging sapi, karena rata-rata ayam hanya hidup sekitar 40 hari sebelum disembelih - dan babi hanya sekitar enam bulan.

Sebagai perbandingan, sapi dapat hidup lebih dari lima tahun sebelum disembelih - sebuah fakta yang membantu menjelaskan perbedaan dalam biaya air, lahan dan energi dalam produksi daging sapi dibandingkan dengan produk hewani lainnya.

Studi menunjukkan bahwa sapi yang diselamatkan dari banjir memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, laju pertumbuhan yang lebih lambat, tingkat keguguran yang lebih tinggi, dan bahkan peningkatan emisi metana. Dampak jangka panjang ini dapat berujung pada keputusan produsen untuk melakukan euthanasia pada hewan.

Faktanya, Program Pemulihan Banjir Kanada-Britania Raya untuk Ketahanan Pangan tahun 2021 telah mengantisipasi kerugian yang terus berlanjut ini dan memperluas cakupan biaya yang terkait dengan kesejahteraan dan kerugian pascabencana selama satu tahun tambahan.

“Hal ini menandakan perlunya transparansi, dan mekanisme pelaporan wajib terkait kesejahteraan hewan pasca bencana untuk secara akurat mewakili dampak jangka panjang dari bencana,” kata Eccles.

Bantuan bencana semakin menjadi tanggung jawab komunitas individu dan masyarakat sipil. Namun, komunitas-komunitas ini sering kali kekurangan sumber daya, tidak terlatih, dan tidak terintegrasi secara formal ke dalam tanggap darurat.

Penelitian Eccles dan Stoddard menunjukkan besarnya peran yang dimiliki oleh komunitas pertanian dalam merespons bencana, yang sering kali menyebabkan gangguan stres pascatrauma dan gangguan psikologis lainnya. Ada juga contoh di mana produsen bahkan memutuskan untuk meninggalkan produksi pertanian sepenuhnya.

“Banyak anggota masyarakat Abbotsford yang merasa ditinggalkan dan dieksploitasi oleh pemerintah setelah banjir, sehingga menimbulkan kebencian, frustasi, dan ketidakpercayaan terhadap manajemen darurat formal,” kata peneliti.

Penelitian ini juga menunjukkan perlunya transparansi terkait isu-isu penyelamatan dan kesejahteraan satwa, serta mobilisasi solusi berbasis masyarakat, seperti dengan memformalkan model masyarakat first-responder dan mengintegrasikannya ke dalam manajemen darurat resmi.

“Tanpa intervensi kritis di tingkat sosial dan politik, kita dapat terus mengharapkan hasil yang sama bagi masyarakat yang tinggal di garis depan bencana yang dipicu oleh iklim,” kata peneliti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement