Rabu 10 Apr 2024 02:13 WIB

Pakar Sebut Energi Nuklir tak Layak Jadi Tumpuan Transisi Energi Global

Belum ada metode yang sangat mudah untuk menangani limbah nuklir.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Pembangkit listrik tenaga nuklir terus menghasilkan limbah radioaktif.
Foto: Amir Kholousi, ISNA via AP
Pembangkit listrik tenaga nuklir terus menghasilkan limbah radioaktif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada tanggal 11 Maret 2011, gempa bumi berkekuatan 9 skala Richter dan tsunami setinggi 15 meter menghantam Jepang, yang memicu bencana nuklir di PLTN Fukushima Daiichi milik TEPCO. Tiga dari enam reaktor di PLTN tersebut terkena dampaknya, mengakibatkan kerusakan reaktor dan kebocoran sejumlah besar bahan radioaktif ke lingkungan.

Setelah 13 tahun berlalu, saat ini Jepang masih merasakan dampak dari bencana tersebut. Segera setelah gempa bumi melanda, lebih dari 160 ribu orang dievakuasi. Dari jumlah tersebut, hampir 29 ribu orang masih mengungsi.

Baca Juga

Juru kampanye iklim 350.org di Jepang, Masayoshi Iyoda, mengatakan bahwa dampak buruk dari paparan radioaktif tersebut masih menjadi perhatian serius banyak pihak. Selain, itu dampak lingkungan terhadap tanah, air, pertanian dan perikanan juga masih terlihat.

“Biaya kerusakan, termasuk kompensasi korban, juga sangat besar. Setidaknya 7 miliar dolar AS telah dihabiskan setiap tahun sejak 2011, dan kompensasi itu masih terus berlanjut,” kata Iyoda dalam pernyataannya seperti dilansir Al Jazeera, Rabu (10/4/2024).

Tahun lalu, rencana Jepang untuk mulai melepaskan lebih dari satu juta ton air limbah yang telah diolah ke Samudra Pasifik memicu kecemasan dan kemarahan, termasuk di antara anggota masyarakat yang bergantung pada mata pencaharian mereka sebagai nelayan, mulai dari Fukushima hingga Fiji.

Namun, Iyoda melihat bahwa Jepang dan seluruh dunia belum belajar banyak dari pengalaman buruk ini. Pada tanggal 21 Maret, Belgia menjadi tuan rumah KTT Energi Nuklir pertama yang dihadiri oleh para pejabat tinggi dari seluruh dunia, termasuk Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Masahiro Komura. Acara ini dimaksudkan untuk mempromosikan pengembangan, perluasan, dan pendanaan penelitian dan proyek energi nuklir.

Pertemuan ini diadakan setelah lebih dari 20 negara, termasuk Jepang, mengumumkan rencana untuk melipatgandakan kapasitas energi nuklir pada tahun 2050 pada Konferensi Perubahan Iklim PBB tahun lalu (COP28).

“Semua perkembangan ini bertentangan dengan bukti yang terus bertambah bahwa energi nuklir bukanlah pilihan yang efisien dan aman untuk transisi energi dari bahan bakar fosil,” tegas Iyoda.

Meskipun ada kemajuan dalam teknologi penyimpanan limbah, belum ada metode yang sangat mudah untuk menangani limbah nuklir yang telah dirancang dan diimplementasikan. Karena pembangkit listrik tenaga nuklir terus menghasilkan limbah radioaktif, potensi kebocoran, kecelakaan, dan pengalihan ke senjata nuklir masih menimbulkan risiko lingkungan, kesehatan masyarakat, dan keamanan yang signifikan.

Iyoda menambahkan, tenaga nuklir juga merupakan energi rendah karbon yang paling lambat penerapannya dan sangat mahal. Selain itu juga memiliki dampak paling kecil dalam jangka pendek, menengah, dan panjang dalam mengurangi karbon dalam bauran energi. Laporan Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) terbaru menunjukkan bahwa potensi dan efektivitas biaya energi nuklir untuk mengurangi emisi pada tahun 2030 jauh lebih kecil dibandingkan dengan energi surya dan angin.

Teknologi energi skala besar seperti pembangkit listrik tenaga nuklir juga membutuhkan biaya miliaran dolar di awal, dan pembangunannya membutuhkan waktu satu dekade karena peraturan keselamatan yang lebih ketat. Bahkan penerapan reaktor modular kecil (SMR) memiliki harga yang tinggi. Akhir tahun lalu, sebuah proyek unggulan oleh NuScale yang didanai oleh pemerintah AS senilai ratusan juta dolar harus ditinggalkan karena meningkatnya biaya.

Selain itu, menurut laporan yang dirilis oleh Greenpeace pada tahun 2023, bahkan dalam skenario yang paling menguntungkan dan dengan jumlah investasi yang sama, pada tahun 2050, pemasangan infrastruktur tenaga angin dan surya akan menghasilkan listrik kumulatif tiga kali lebih banyak dan mengeluarkan CO2 kumulatif empat kali lebih sedikit dibandingkan dengan reaktor nuklir air pada periode yang sama.

“Dan krisis iklim bukan hanya tentang emisi CO2. Ini adalah tentang berbagai masalah keadilan lingkungan dan demokrasi yang perlu dipertimbangkan. Dan energi nuklir tidak memiliki catatan yang baik dalam hal ini,” tegas Iyoda.

Sebagai contoh, penambangan uranium, langkah awal dalam produksi energi nuklir, telah dikaitkan dengan perusakan habitat, kontaminasi tanah dan air, dan dampak kesehatan yang merugikan bagi masyarakat di sekitar lokasi penambangan. Ekstraksi dan pemrosesan uranium membutuhkan energi dalam jumlah besar, yang sering kali berasal dari sumber yang tidak terbarukan, yang selanjutnya membahayakan kredensial lingkungan dari tenaga nuklir.

“Energi nuklir juga menggunakan teknologi, tata kelola, dan proses pengambilan keputusan yang terpusat, memusatkan distribusi kekuasaan di tangan segelintir orang,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement