Senin 22 Apr 2024 16:10 WIB

Diperingati Setiap 22 April, Apa yang Terjadi Pada Peringatan Hari Bumi?

Dunia memperingati Hari Bumi pada 22 April setiap tahunnya.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Orang-orang di seluruh dunia  memperingati Hari Bumi pada Senin, 22 April 2024.
Foto: www.freepik.com
Orang-orang di seluruh dunia memperingati Hari Bumi pada Senin, 22 April 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang-orang di seluruh dunia  memperingati Hari Bumi pada Senin, 22 April 2024. Ini adalah acara tahunan yang didirikan untuk membersihkan dan melestarikan planet yang sekarang menjadi rumah bagi sekitar 8 miliar manusia dan berbagai macam triliunan organisme lainnya.

Berikut ini adalah jawaban dari beberapa pertanyaan umum tentang Hari Bumi dan bagaimana peringatan ini muncul.

Baca Juga

1. Awal mula gagasan Hari Bumi

Hari Bumi berakar dari meningkatnya kekhawatiran akan polusi pada tahun 1960-an, ketika buku "Silent Spring" karya penulis Rachel Carson yang membahas tentang pestisida DDT dan dampak buruknya terhadap rantai makanan, menjadi buku terlaris dan meningkatkan kesadaran akan keseimbangan alam.

Dilansir AP, Senin (22/4/2024), seorang senator dari Wisconsin, Gaylord Nelson dari Partai Demokrat, kemudian memiliki gagasan untuk membuat perayaan Hari Bumi setiap 22 April. Nelson telah lama menaruh perhatian terhadap lingkungan, utamanya ketika tumpahan minyak dalam jumlah besar mencemari perairan di Santa Barbara, California, pada 1969.

Setelah mengunjungi lokasi tumpahan minyak, Nelson memiliki ide untuk memberikan edukasi nasional tentang lingkungan, mirip dengan edukasi yang dilakukan di beberapa kampus pada saat itu untuk menentang perang di Vietnam.

Nelson dan yang lainnya, termasuk aktivis Dennis Hayes, bekerja untuk memperluas ide tersebut di luar kampus, dengan mengadakan acara di seluruh negeri, dan menggagas nama Hari Bumi.

 

2. Mengapa tanggal 22 April dipilih sebagai Hari Bumi?

Menurut EarthDay.org, tanggal Hari Bumi pertama yaitu 22 April 1970, dipilih karena jatuh pada hari kerja di antara liburan musim semi dan ujian akhir. Tanggal itu dipilih untuk menarik sebanyak mungkin mahasiswa.

 

3. Dampak Hari Bumi

Tanggapan publik yang luar biasa terhadap Hari Bumi yang pertama dinilai mampu memberi tekanan tambahan bagi Kongres AS untuk berbuat lebih banyak dalam mengatasi polusi. Dan Kongres AS berhasil melakukannya dengan mengesahkan undang-undang penting termasuk UU Udara Berasih dan UU Air Bersih.

Secara lebih luas, hari ini dipandang sebagai kelahiran gerakan lingkungan modern. Pada tahun-tahun berikutnya, Hari Bumi berkembang menjadi acara yang benar-benar mendunia. Kini, Hari Bumi diklaim telah memotivasi aksi di lebih dari 192 negara. Pada tahun 2000, Hari Bumi mulai membidik perubahan iklim, sebuah masalah yang semakin mendesak dalam beberapa tahun terakhir.

 

4. Tema Hari Bumi tahun 2024

Hari Bumi tahun ini berfokus pada ancaman yang ditimbulkan oleh plastik terhadap lingkungan, dengan seruan untuk mengakhiri penggunaan plastik sekali pakai dan mencari pengganti plastik agar penggunaannya dapat dikurangi secara bertahap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement