Sabtu 04 May 2024 21:30 WIB

Studi: Florida Bisa Terus Layak Huni Jika Ketahanan Iklim Berhasil Dikelola

Prediksi iklim di Florida dinilai memiliki hasil yang buruk.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Penelitian baru yang dilakukan oleh koalisi universitas terkemuka memberikan gambaran yang lebih optimis tentang masa depan Florida sebagai negara bagian yang berkembang bagi manusia dan satwa liar.
Foto: EPA-EFE/JASON SZENES
Penelitian baru yang dilakukan oleh koalisi universitas terkemuka memberikan gambaran yang lebih optimis tentang masa depan Florida sebagai negara bagian yang berkembang bagi manusia dan satwa liar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Prediksi iklim di Florida, secara umum, memberikan hasil yang cukup suram. Naiknya permukaan laut diprediksi akan menenggelamkan sebagian besar Florida pada akhir abad ini, hingga suhu yang meningkat dapat membuat negara bagian ini terlalu panas untuk dihuni.

Namun, penelitian baru yang dilakukan oleh koalisi universitas terkemuka memberikan gambaran yang lebih optimis tentang masa depan Florida sebagai negara bagian yang berkembang bagi manusia dan satwa liar, dengan sumber daya alam yang dimanfaatkan untuk memitigasi dampak terburuk dari keadaan darurat iklim secara umum, serta peristiwa cuaca ekstrem seperti badai dan banjir.

Baca Juga

Para penulis studi mengatakan bahwa salah satu cara membuat Florida tetap layak huni di masa depan adalah dengan mengelola kawasan Florida Wildfire Corridor. Hutan lindung seluas 18 juta hektar ini dapat menjadi ujung tombak ketahanan iklim Florida, jika dikelola dengan baik dan dibiarkan berkembang. 

"Kita sangat diberkati di Florida karena memiliki kesempatan untuk memiliki proyek konservasi lahan se-ambisius Wildfire Corridor, dan saat ini lebih dari 30 persen wilayah negara bagian ini telah dikonservasi secara permanen," kata Joshua Daskin, direktur konservasi Archbold Biological Station, lembaga nirlaba penelitian ekologi yang menyusun laporan ini bekerja sama dengan lima universitas dari Tallahassee sampai ke Florida selatan.

"Tanpa kerja keras dari para konservasionis, lembaga negara bagian, lembaga nirlaba, dan pemilik lahan selama puluhan tahun, kita tidak akan memiliki kesempatan untuk memperoleh manfaat ketahanan terhadap kebakaran, badai, banjir, dan panas,” tambah Daskin seperti dilansir The Guardian, Sabtu (4/5/2024).

Studi ini memberikan sejumlah rekomendasi untuk Corridor yang membentang ratusan mil dari Everglas bagian selatan ke perbatasan Alabama. Kaya akan flora dan fauna, dan merupakan rumah bagi hampir semua spesies terancam punah di Florida seperti macan kumbang, beruang hitam, dan elang botak, Corridor ini dirancang sebagai proyek konservasi dengan sedikit fokus pada ketahanan iklim.

Namun, laporan tersebut mencatat bahwa dua pertiga dataran banjir Florida, yang mencakup sekitar 10 juta hektar, berada di dalam Corridor tersebut, sehingga berpotensi memberikan perlindungan terhadap bahaya banjir parah jika tetap tidak dikembangkan.

Contoh lain yang dikutip adalah bagaimana konservasi ruang terbuka yang luas dan terhubung seperti yang disediakan oleh Corridor membatasi paparan manusia dan properti terhadap Kebakaran. Meskipun laporan tersebut mengakui bahwa pembakaran yang terkelola masih diperlukan untuk mengurangi risiko lebih lanjut dan melestarikan habitat satwa liar.

Melindungi area hutan dan hutan yang luas untuk selamanya akan melestarikan sejumlah besar pohon yang dapat menurunkan tingkat karbon dioksida dan memperlambat pemanasan global.

Dengan perkiraan 90 persen dari 22 juta penduduk Florida yang tinggal dalam jarak 20 mil dari Corridor, dan dengan sekitar 1.000 orang yang datang setiap harinya, para penulis mengatakan bahwa penduduk saat ini dan di masa depan akan bergantung pada koridor tersebut.

“Jadi, Corridor dan manfaat ketahanan yang diidentifikasi oleh penelitian ini benar-benar beresonansi dengan banyak orang karena berbagai alasan,” kata Daskin.

Sejauh ini, sekitar 10 juta hektar dari Corridor tersebut berada di zona konservasi yang sudah ada, dengan delapan hektar lainnya diklasifikasikan sebagai kawasan peluang. Laporan tersebut menyerukan pendanaan yang berkelanjutan dan berskala tinggi untuk konservasi, serta menyoroti manfaat pembelian lahan yang dianggap sebagai mata rantai yang hilang di Corridor tersebut.

“Kesuksesan konservasi Corridor juga akan membutuhkan komitmen politik. Dan jika kita kehilangan Corridor, kita kehilangan hal-hal yang menarik orang ke sini, kita kehilangan habitat bagi satwa liar, dan kita kehilangan banyak manfaat iklim,” kata Daskin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement