Sabtu 04 May 2024 21:10 WIB

Suhu Panas Terus Meningkat, Populasi Lebah Terancam Punah

Lebah disebut tidak bisa bertahan dengan cuaca yang sangat panas.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Seekor lebah madu gala-gala atau kelulut (Apis trigona) menghisap sari bunga.
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi
Seekor lebah madu gala-gala atau kelulut (Apis trigona) menghisap sari bunga.

REPUBLIKA.CO.ID, 

JAKARTA -- Sebagai akibat dari krisis iklim, pemanasan global meningkatkan suhu di seluruh dunia, dan lebah, seperti halnya manusia, berjuang untuk bertahan hidup di rumah yang tidak mampu menahan panas.

Baca Juga

Dalam sebuah makalah baru yang dipublikasikan di Frontiers in Bee Science, para ilmuwan mengidentifikasi peningkatan suhu panas sebagai penyebab potensial penurunan populasi lebah di seluruh dunia. Ini kemudian mengganggu kemampuan lebah untuk membangun sarang yang layak huni dan tempat berkembangnya larva yang sehat.

"Penurunan populasi dan jangkauan beberapa spesies lebah dapat dijelaskan oleh masalah panas berlebih pada sarang dan induk lebah," kata penulis utama studi, Dr Peter Kevan dari University of Guelph, Kanada.

"Kendala kelangsungan hidup induk lebah mengindikasikan bahwa panas kemungkinan besar merupakan faktor utama, dengan pemanasan sarang di atas sekitar 35 derajat Celcius dapat mematikan, meskipun lebah memiliki kemampuan yang luar biasa untuk melakukan termoregulasi,” tambah Kevan seperti dilansir Phys, Sabtu (4/5/2024).

Ada banyak spesies lebah di seluruh dunia, yang hidup di berbagai lingkungan yang berbeda. Banyak dari spesies ini mengalami penurunan populasi karena perubahan iklim, dan untuk mengidentifikasi faktor penyebabnya sangatlah sulit.

Namun, dengan meninjau literatur, Kevan dan rekan-rekannya mengidentifikasi kesamaan penting di antara spesies-spesies ini, terlepas dari jangkauan geografisnya. Yaitu suhu optimal sarang lebah adalah 28-32 derajat Celcius.

"Kita dapat berasumsi bahwa kesamaan ini mencerminkan keterkaitan evolusioner dari berbagai spesies," kata Kevan.

Karena karakteristik ini tampaknya umum di antara begitu banyak spesies, maka kemungkinan memiliki plastisitas evolusioner yang terbatas, yang berarti lebah akan kesulitan beradaptasi dengan kenaikan suhu, dan akan berjuang untuk tetap berada di zona netral termal mereka –titik di mana menjaga suhu yang tepat membutuhkan pengeluaran metabolisme minimal.

"Suhu yang terlalu tinggi lebih berbahaya bagi sebagian besar hewan dan tumbuhan daripada suhu yang sejuk. Ketika kondisinya sejuk, organisme yang tidak mengatur suhu tubuhnya secara metabolik akan melambat, tetapi ketika suhu terlalu tinggi, proses metabolisme mulai rusak dan berhenti. Kematian pun terjadi dengan cepat,” kata Kevan.

Meninjau literatur selama 180 tahun, Kevan dan koleganya menemukan bahwa lebah tampaknya dapat bertahan hidup pada suhu hingga 36 derajat Celcius dan berkembang secara optimal pada suhu 30-32 derajat Celcius, meskipun hal ini dapat berbeda antar spesies dan kondisi biogeografis. Meskipun lebah memiliki beberapa adaptasi perilaku yang memungkinkan mereka untuk melakukan termoregulasi, hal ini mungkin tidak cukup untuk menghadapi perubahan iklim.

Selain itu, koloni lebah juga bertindak sebagai superorganisme, di mana kesehatan reproduksinya bergantung pada kelangsungan hidup kolektif dan reproduksi koloni daripada lebah individu. Satu lebah mungkin dapat mengatasi panas dengan lebih baik daripada lebah lainnya, tetapi jika sarang terlalu panas untuk membesarkan larva yang sehat, seluruh koloni akan menderita, terlepas dari adaptasi individu lebah.

"Efek suhu sarang yang tinggi belum banyak diteliti, dan ini mengejutkan. Kami dapat menduga bahwa suhu sarang di atas pertengahan 30an derajat Celcius kemungkinan besar akan sangat merugikan dan di atas sekitar 35 Celcius kematian akan terjadi, mungkin dalam waktu yang cukup cepat,” kata Kevan.

Studi tentang lebah madu menunjukkan bahwa suhu sarang yang lebih tinggi mengganggu kekuatan dan kemampuan reproduksi ratu lebah, dan menyebabkan lebah pekerja berada dalam kondisi yang lebih buruk. Jika panas memiliki efek yang sama pada lebah, sehingga koloni menghasilkan keturunan yang kurang sehat pada suhu yang lebih tinggi, maka pemanasan global dapat secara langsung menyebabkan penurunan populasi mereka.

Untuk memastikan bahwa lebah terus berkembang, para ilmuwan menyerukan lebih banyak penelitian tentang apa yang mereka katakan sebagai aspek ekologi lebah yang belum banyak diketahui: morfologi sarang, sifat material, suhu, dan termoregulasi. Ada kemungkinan beberapa koloni lebah mengadaptasi pilihan lokasi dan bentuk sarang, atau perilaku mereka untuk mendinginkan sarang.

"Kami berharap para ilmuwan di masa depan dapat mengambil ide-ide yang kami sajikan dan menerapkannya pada penelitian mereka sendiri tentang kesehatan dan percakapan lebah," jelas Kevan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement