Senin 10 Jun 2024 09:15 WIB

Prediksi Cuaca Hari Ini: Hujan Disertai Angin dan Petir Terjang Sejumlah Wilayah

Ada beberapa dinamika atmosfer yang masih aktif di wilayah Indonesia.

Petugas Dinas Lingkungan Hidup Kota Depok memotong pohon yang tumbang di pinggir Jalan Raya Margonda, Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (1/6/2024). Hujan deras yang mengguyur Kota Depok disertai angin kencang membuat banjir dan pohon besar yang ada di Jalan Margonda tumbang.
Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Petugas Dinas Lingkungan Hidup Kota Depok memotong pohon yang tumbang di pinggir Jalan Raya Margonda, Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (1/6/2024). Hujan deras yang mengguyur Kota Depok disertai angin kencang membuat banjir dan pohon besar yang ada di Jalan Margonda tumbang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan hujan lebat yang disertai angin kencang, kilat, dan petir berpotensi menerjang mayoritas wilayah di Indonesia pada hari ini, Senin (10/6/2024). Berdasarkan laman resmi BMKG, wilayah yang berpotensi terdampak terjangan tersebut meliputi Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa Tengah, dan Bali.  

Wilayah lainnya adalah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.  

Deputi Meteorologi BMKG Guswanto menjelaskan timnya mendapati potensi hujan di sejumlah wilayah Indonesia yang masih tinggi. Potensi hujan setidaknya berpotensi terjadi hingga bulan September meski juga sudah mulai memasuki musim kemarau.  

Hal tersebut terjadi karena adanya beberapa dinamika atmosfer yang masih aktif di wilayah Indonesia, fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang ekuatorial Rossby, Kelvin, hingga pola sirkulasi siklonik serta potensi pembentukan daerah belokan dan perlambatan angin.   

 

Kondisi ini bisa menimbulkan dampak cuaca ekstrem kebencanaan hidrometeorologi yang meliputi banjir, banjir bandang, banjir lahar hujan, tanah longsor dan seterusnya meski pun di saat yang bersamaan Indonesia mulai dilanda musim kemarau yaitu Juni-September 2024.

Oleh sebab itu, BMKG pun meminta masyarakat untuk selalu memperbarui informasi melalui kanal resmi infoBMKG dan menghindari berita hoaks yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Terkait prediksi cuaca di Jakarta, BMKG memperkirakan hujan disertai petir dan angin kencang melanda sejumlah wilayah DKI Jakarta pada Senin malam hingga Selasa (11/6) dini hari.

Mengutip data yang dirilis dari situs resmi BMKG, pada pagi hari cuaca di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu berawan. Memasuki siang hari, cuaca berawan akan menyelimuti wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu. Adapun hujan berintensitas ringan akan membasahi wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur.

Pada malam hari, wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu diperkirakan akan diguyur hujan ringan, sedangkan Jakarta Selatan dan Jakarta Timur berawan.

Memasuki Selasa (11/6) seluruh wilayah Jakarta diramalkan berawan, sementara Kepulauan Seribu akan cerah berawan. Namun, BMKG memperingatkan potensi hujan disertai petir dan angin kencang dapat terjadi di sejumlah wilayah Jakarta pada Senin malam hingga Selasa (11/6) dini hari.

Suhu udara di Jakarta dan Kepulauan Seribu secara umum berada pada temperatur antara 24 hingga 32 derajat Celsius, dengan kelembaban udara antara 65 hingga 90 persen.

 

 

 

 

 

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement