Rabu 26 Jun 2024 16:00 WIB

MIND ID Catat Kenaikan Konsumsi Energi Terbarukan

Energi hijau berkontribusi sekitar 41 persen dari total penggunaan energi MIND ID.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Satria K Yudha
BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID.
Foto: MIND ID
BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BUMN holding industri pertambangan MIND ID meningkatkan konsumsi energi dari sumber energi terbarukan hingga 18,25 juta Gigajoule (GJ) atau setara 5.068 Gigawatt hour (GWh) daya listrik sepanjang 2023. Konsumsi energi tersebut meningkat sekitar 6,55 persen dibandingkan dengan realisasi 2022 sebesar 17,12 juta GJ. 

Total konsumsi energi hijau ini berkontribusi sekitar 41 persen dari total penggunaan energi grup MIND ID pada tahun lalu. Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf mengatakan, MIND ID bersama seluruh anggota holding fokus menuntaskan sejumlah proyek diversifikasi energi dalam upaya mencapai ikut aktif dalam program dekarbonisasi. 

Baca Juga

"Grup MIND ID terus melaksanakan berbagai upaya untuk memperkecil emisi karbon sambil memperbesar bauran energi terbarukan dalam operasional kami secara bertahap. Kami konsisten dalam mewujudkan sektor pertambangan yang memiliki operasional bertanggung jawab dan berkelanjutan," kata Heri dalam siaran pers, Rabu (26/6/2024). 

Heri menjelaskan, grup MIND ID menargetkan untuk mengurangi emisi dari sektor energi dan industrial process and product uses (IPPU) termasuk untuk mengurangi jejak karbonnya hingga sebesar 16 persen pada 2030 dari emisi business-as-usual. Selain melakukan substitusi energi fosil ke energi terbarukan dalam kegiatan operasional, Grup MIND ID terus mendorong sejumlah proyek energi baru terbarukan yang salah satunya dilakukan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dengan pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Perseroan juga berperan penting dalam pengelolaan mineral dan batu bara sebagai kunci dari teknologi bersih. Seluruh sumber daya alam termasuk nikel dan tembaga kini dibutuhkan dunia untuk melakukan transisi menuju ekonomi rendah karbon, termasuk dalam memproduksi baterai kendaraan listrik dan sistem penyimpanan energi.

MIND ID tidak hanya berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi Indonesia. Pada saat yang sama, juga mendukung upaya global untuk mengurangi emisi karbon.

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement