Ahad 25 Aug 2024 07:39 WIB

BMKG Prakirakan Sebagian Besar Wilayah Hujan Ringan Hari Ini

Cuaca Jakarta diprediksi berawan tebal.

Petugas BMKG memberikan penjelasan pada layar yang menampilkan citra satelit cuaca di Kantor BMKG, Jakarta, Senin (6/5/2024).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Petugas BMKG memberikan penjelasan pada layar yang menampilkan citra satelit cuaca di Kantor BMKG, Jakarta, Senin (6/5/2024).

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di sebagian wilayah kota besar hujan ringan pada hari ini, Ahad (25/8/2024). Prakirawan BMKG Nurul Izzah Fitria menyampaikan, cuaca berpotensi hujan ringan terjadi di Pulau Sumatera, Kota Padang, Pekanbaru, dan Tanjung Pinang, cuaca berpotensi hujan ringan.

“Selanjutnya perlu diwaspadai adanya potensi hujan petir bagi masyarakat yang ada di Banda Aceh dan Medan,” katanya.

Masih di wilayah Sumatra, cuaca di Kota Palembang pada umumnya berawan, sedangkan Lampung, Pangkal Pinang, dan Bengkulu berawan tebal. "Sementara itu perlu diwaspadai terjadinya hujan disertai kilat dan petir di wilayah Lampung," ujar dia.

Bergeser ke Pulau Jawa, untuk Kota Serang, Bandung, dan Yogyakarta cuaca umumnya berawan. "Sedangkan untuk Jakarta, Semarang, dan Surabaya cuaca diprediksi akan berawan tebal," ucapnya.

Selanjutnya beralih ke Pulau Bali serta Nusa Tenggara, diprakirakan Kota Kupang cuaca akan cerah berawan, Mataram berawan tebal dan Denpasar terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan. "Selanjutnya berpindah ke Pulau Kalimantan, untuk Kota Banjarmasin cuaca diprakirakan berawan tebal, sementara Pontianak, Palangka Raya, dan Samarinda berpotensi hujan dengan intensitas ringan," paparnya.

Masyarakat di wilayah Tanjung Selor diminta waspada hujan disertai kilat maupun petir. Selanjutnya di Pulau Sulawesi, untuk Kota Gorontalo, Palu, dan Makassar berpotensi terjadi hujan ringan.

"Sementara Kota Manado, Mamuju, dan Kendari terdapat potensi hujan dengan intensitas sedang," tuturnya.

Berikutnya dari wilayah Indonesia Timur, untuk wilayah Ternate, Ambon, Jayapura, Manokwari dan Merauke terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan. "Sementara di Kota Sorong, Nabire, dan Jayawijaya terdapat hujan dengan intensitas sedang," kata dia.

Untuk suhu udara, umumnya berkisar antara 16-34 derajat Celsius dengan kelembapan udara berkisar antara 37-100 persen.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement