Ahad 25 Aug 2024 22:06 WIB

Tanam 3.200 Pohon Mangrove di Kepulauan Seribu, 211.195 Pohon Telah Ditanam AHM

AHM pohon angrove yang ditanam terpelihara dengan baik.

PT Astra Honda Motor (AHM) menanam 3.200 pohon mangrove bakau di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta, Ahad (25/8/2024).
Foto: AHM
PT Astra Honda Motor (AHM) menanam 3.200 pohon mangrove bakau di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta, Ahad (25/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-PT Astra Honda Motor (AHM) menanam 3.200 pohon mangrove bakau di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta, Ahad (25/8/2024). Dengan penanaman 3.200 pohon mangrove tersebut beragam program penghijauan AHM di berbagai wilayah telah mencapai 211.195 pohon sejak tahun 2012.

Executive Vice President PT AHM Thomas Wijaya mengatakan aksi tanam pohon yang bersinergi dengan pemerintah dan masyarakat ini melengkapi beragam upaya AHM dalam membangun ekosistem keragaman hayati di berbagai wilayah seperti Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Yogyakarta melalui payung program Sinergi Bagi Negeri Satu Hati Maju Bersama.

Baca Juga

 

"Hari ini bersama semua anak perusahaan akan menambah 3.200 mangrove di Pulau Pramuka Kepulauan Seribu. Jenis tanaman ini memiliki peranan penting untuk menjaga ekosistem pesisir, mangrove bisa menyerap karbon 5 kali lipat lebih baik dibanding tanaman lainnya," kata Thomas di Kepulauan Seribu, Jakarta, Ahad.

Thomas mengatakan tanaman mangrove dipilih karena sebagai pelindung dari abrasi gelombang laut, habitat bagi berbagai jenis satwa bahkan menjadi bahan penelitian di beberapa tempat. 

 

Ia berharap 3.200 pohon yang ditanam dapat terpelihara dengan baik dan memberikan dampak positif bagi ekologi dan masyarakat, tidak hanya untuk wisata namun memiliki kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat untuk menjaga lingkungan. 

"Momen ini diharapkan dapat jadi langkah lanjut untuk terus melestarikan alam, setiap pohon yang kita tanam bukti nyata cinta bumi dan lingkungan serta membangun Indonesia semakin hijau dan bersih untuk masa depan," kata Thomas.

photo
Penanaman 3.200 mangrove di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu oleh PT Astra Honda Motor - (AHM)

Lurah Pulau Panggang Kepulauan Seribu M Fakih berharap kegiatan penanaman pohon mangrove di wilayah Pulau Pramuka seperti yang dilakukan AHM tidak hanya berhenti sampai di sini. “Kami berharap program penanaman pohon mangrove seperti ini terus berlangsung,” kata Fakih di tempat yang sama.

Penanaman pohon mangrove ini akan menempatkan wisata di kawasan Pulau Seribu sebagai salah satu tujuan wisata edukasi. “Wisata edukasi ini akan menjadi salah satu penunjang wisata di Pulau Seribu,” ucapnya.

Fakih berharap tak hanya pelestarian lingkungan yang menjadi perhatian pihak swasta dalam melakukan kolaborasi. Namun dibutuhkan juga dari sisi sarana prasarana dan juga sumber daya manusianya.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengungkapkan penanaman mangrove dan menjaga kelestariannya karena tanaman ini memiliki keistimewaan sebagai pencegah abrasi sekaligus mampu menyerap karbon lima kali lebih banyak dibandingkan hutan tropis di darat.

"Beragam investasi jangka panjang kami wujudkan sebagai bagian dari komitmen AHM untuk mendukung tercapainya lingkungan lestari, dan asri bagi seluruh ekosistem kehidupan di bumi yang kita cintai ini. Mari bersama-sama lakukan hal kecil hingga besar untuk masa depan bumi kita," ujar Muhib.

Kegiatan sinergi ini melibatkan karyawan perusahaan peduli lingkungan yang tergabung dalam Synergy Creator Squad (SC Squad), pemerintah daerah Kepulauan Seribu, komunitas Smiling Coral Indonesia, dan juga didukung oleh Astra Motor 1 Group yaitu PT Hitachi Astemo Bekasi Manufacturing, PT Musashi Autoparts Indonesia, PT Suryaraya Rubberindo Industries, dan PT Yutaka Manufacturing.

 

Kontribusi lainnya adalah menerapkan produk yang ramah lingkungan mulai dari proses produksi sepeda motor Honda yakni dengan meluncurkan motor listrik EM1e dan bertahap membangun ekosistemnya, hingga pabrik yang telah memakai solar panel, dengan kapasitas sistem sebesar 10.298 kWp dan mampu menghasilkan listrik sebesar 11.140.975 kWh per tahun, hal ini setara dengan pengurangan 9.692 ton emisi CO2 per tahun.

Pemasangan solar panel telah dilakukan di atap gedung pabrik plant Karawang, plant Cikarang, Safety Riding & Training Center Deltamas, Part Centre serta yang terbaru di pabrik plant Deltamas.

 

Selain solar panel AHM juga menggunakan manajemen pembuangan atau waste management termasuk penggunaan water recycle di area pabrik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement