Kamis 21 Sep 2023 20:12 WIB

Ini 8 Lembaga Pemberi ESG Rating Terbaik di Dunia

ESG Rating perusahaan didapatkan melalui lembaga penyedia riset yang kredibel.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Perolehan ESG Rating perusahaan diberikan oleh penyedia pemeringkat ESG yang kredibel dan profesional.
Foto: www.freepik.com
Perolehan ESG Rating perusahaan diberikan oleh penyedia pemeringkat ESG yang kredibel dan profesional.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Skor ESG atau ESG Rating menjadi instrumen penting bagi investor untuk menilai keberlanjutan dan kinerja etis perusahaan. Perolehan ESG Rating tersebut juga harus diberikan oleh penyedia pemeringkat ESG yang kredibel dan profesional.

Penyedia peringkat ESG terbaik adalah yang memberikan penilaian adil dan akurat mengenai risiko dan peluang lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) yang terkait dengan investasi atau transaksi. Dilansir Broker Chooser, Kamis (21/9/2023), berikut 8 lembaga pemeringkat ESG terbaik.

Baca Juga

 

1. MSCI ESG Ratings

MSCI ESG Research, salah satu penyedia riset ESG terbesar di dunia, menerbitkan peringkat dan riset terhadap lebih dari 14 ribu emiten saham dan pendapatan tetap. 

 

2. Sustainalytics ESG Risk Ratings

Sustainalytics, anak perusahaan Morningstar, menawarkan data 40 ribu perusahaan di seluruh dunia dan peringkat 20 ribu perusahaan dan 172 negara.

 

3. Bloomberg ESG Disclosures Scores

Bloomberg menawarkan data ESG untuk lebih dari 11.800 perusahaan di lebih dari 100 negara, yang disusun dalam 2.000 bidang. ESG Disclosure Scores mereka menilai perusahaan berdasarkan tingkat ESG ratings mereka dan menjangkau topik-topik keberlanjutan utama, termasuk perubahan iklim, sumber daya manusia, dan hak-hak pemegang saham.

 

4. FTSE Russell’s ESG Ratings

Peringkat ini mencakup 7.200 sekuritas di 47 pasar negara maju dan berkembang. Peringkat ESG terdiri dari peringkat keseluruhan berdasarkan pilar-pilar yang mendasari, eksposur berbasis tema dan skor.

 

5. ISS Ratings and Rankings

ISS (Institutional Shareholder Services), yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Deutsche Boerse Group, memberikan peringkat perusahaan, negara, dan dana, serta data dan analisis mengenai berbagai isu investasi berkelanjutan, termasuk perubahan iklim, hak asasi manusia, standar ketenagakerjaan, korupsi, dan senjata yang kontroversial.

 

6. CDP Climate, Water, and Forest Scores

CDP, sebuah badan amal nirlaba, menyediakan data, penelitian, dan perangkat lingkungan hidup bagi para investor. Peringkat Climetrics-nya membantu investor menemukan dana yang diinvestasikan pada perusahaan-perusahaan yang lebih baik dalam mengelola isu-isu penting yang berkaitan dengan perubahan iklim, keamanan air, dan deforestasi. Cliometrics memberi peringkat pada hampir 20 ribu dana, peringkatnya bersifat publik dan dapat dicari secara gratis.

 

7. S&P Global ESG Score

Skor ESG dari 7.300+ perusahaan dihitung berdasarkan jawaban perusahaan terhadap Penilaian Keberlanjutan Perusahaan (Corporate Sustainability Assessment/CSA) S&P dan/atau data yang tersedia untuk umum. Setiap perusahaan yang berpartisipasi dinilai dengan menggunakan hampir 1.000 poin data.

 

8. Moody's ESG Solutions Group

Moody's ESG Solutions Group, unit bisnis Moody's Corporation, menyediakan solusi ESG dan risiko iklim, termasuk skor ESG, analisis, Peringkat Keberlanjutan, dan layanan Peninjau/Pemberi Sertifikasi Keuangan Berkelanjutan yang memanfaatkan data Moody's. Grup ini mencakup perusahaan pemeringkat ESG V.E (Vigeo Eiris) dan perusahaan data iklim Four Twenty Seven, yang keduanya diakuisisi pada tahun 2019.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement