Kamis 21 Sep 2023 13:39 WIB

5 Daftar Saham ESG Terbaik Ini Bisa Jadi Pilihan Investasi di 2023

Daftar saham ESG terdiri dari perusahaan dengan proses produksi sadar lingkungan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Saham ESG merupakan tata kelola sosial lingkungan hidup di mana perusahaan-perusahaan ESG terbaik dianggap sebagai investasi yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.
Foto: www.freepik.com
Saham ESG merupakan tata kelola sosial lingkungan hidup di mana perusahaan-perusahaan ESG terbaik dianggap sebagai investasi yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saham ESG sedang naik daun di Wall Street. Investor reguler yang mempertimbangkan fundamental keuangan, serta dampak sosial dan lingkungan perusahaan sebelum membeli sahamnya, ingin sekali mendapatkan saham ESG terbaik untuk dibeli.

Saham ESG merupakan tata kelola sosial lingkungan hidup di mana perusahaan-perusahaan ESG terbaik dianggap sebagai investasi yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Daftar saham ESG terdiri dari perusahaan-perusahaan yang membuat proses produksi mereka lebih sadar lingkungan. 

Baca Juga

Berikut ini adalah perusahaan-perusahaan ESG terbaik untuk berinvestasi saat ini, seperti dilansir Industry Leaders Magazine, Kamis (21/9/2023).

1. Verisk Analytics Inc

Verisk Analytics (VRSK) memiliki kebijakan ESG yang sangat jelas yang sebelumnya telah membantunya mencapai peringkat ke-3 dari 100 perusahaan. Perusahaan ini menyediakan data dan solusi manajemen risiko untuk industri keuangan.

Rasio harga saham terhadap nilai buku Verisk ditutup pada angka 14, berbeda dengan rata-rata industri selama 5 tahun sebesar 11,3. Dengan pendapatan yang tidak terlalu besar dan pertumbuhan laba bersih yang tinggi dalam lima tahun terakhir, Verisk Analytics berkembang pesat dengan 100 nasabah asuransi properti dan kecelakaan di Amerika Serikat.

 

2. Microsoft Corporation

Perusahaan perangkat lunak terbesar dan terpopuler di dunia, Microsoft Corporation (MFST) memiliki berbagai segmen dalam komputasi awan, infrastruktur digital, dan komputasi pribadi. Perusahaan ini telah berkomitmen untuk bertransformasi menjadi negatif karbon pada tahun 2030 dan merupakan salah satu perusahaan terkemuka dalam inisiatif ESG. Tidak heran jika perusahaan ini termasuk dalam salah satu saham ESG terbaik untuk dibeli.

 

3. Adobe

Adobe telah menjadi pemain dominan dalam pembuatan konten digital, perangkat lunak, penerbitan, dan penyimpanan awan dengan perangkat lunak Photoshop andalannya. Alat analisis pemasaran untuk bisnis dan langganan perangkat lunak Adobe premium menghasilkan aliran pendapatan miliaran dolar.

Adobe telah memberikan imbal hasil saham lebih dari 30 persen selama satu dekade terakhir. Skor saham ESG Adobe naik dari AA ke AAA pada Desember 2021. Adobe masuk ke dalam daftar perusahaan ESG terbaik untuk berinvestasi. Sorotan ESG-nya menunjuk pada investasi senilai 87 juta dolar AS di masyarakat untuk membantu hampir 1,6 juta minoritas yang kurang terlayani. Dengan kesetaraan gaji gender secara global, separuh pendapatan Adobe berasal dari sumber energi terbarukan dengan target pencapaian 100 persen pada tahun 2035.

 

4. Nvidia Corporation

Nvidia (NVDA) memproduksi unit pemrosesan grafis (GPU) untuk sektor game. Perusahaan ini diposisikan sebagai pemimpin di bidang superkomputer (AI), mobil otonom, dan game. Ini adalah salah satu perusahaan ESG terbaik untuk berinvestasi.

Inisiatif ESG Nvidia telah melakukan beberapa tujuan termasuk memperkuat tujuan DEI (keanekaragaman, kesetaraan, dan inklusi), mengejar perubahan sosial dengan layanannya, dan terus membayar upah kepada vendor dan kontraktor ketika dunia 'terhenti' selama pandemi. Tenaga kerja Nvidia telah melipatgandakan jumlah karyawan berkulit hitam dan mengembangkan super komputer paling efisien kelima di dunia, DGX SuperPOD.

 

5. JB Hunt Transport Services Inc

JB Hunt Transport Services (JBHT) terutama beroperasi di segmen angkutan truk dan kereta api di Amerika Serikat. Sebagai salah satu perusahaan transportasi terkemuka di AS, ESG JB Hunt lebih penting daripada sektor lainnya karena kebijakan terkait iklim lebih sensitif terhadap industri transportasi. Hal ini juga dapat memengaruhi volatilitas harga jika ekonomi AS mengalami resesi.

Saham JB Hunt telah tumbuh secara besar-besaran sejak tahun 2003 dengan pendapatan dan arus kas yang luar biasa. Itu menjadikan JB Hunt salah satu saham ESG terbaik untuk dibeli.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement