Kamis 09 Nov 2023 07:10 WIB

Mana Lebih Ramah Lingkungan, Sedotan Plastik atau Kertas?

Sedotan kertas kian populer digunakan di tengah gaya hidup ramah lingkungan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Ada perdebatan pemakaian sedotan plastik dan kertas yang dikaitkan dengan ramah lingkungan.
Foto: Dok www.freepik.com
Ada perdebatan pemakaian sedotan plastik dan kertas yang dikaitkan dengan ramah lingkungan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sedotan kertas semakin populer digunakan di berbagai gerai makanan dan coffee shop sebagai pengganti sedotan. Akan tetapi, meskipun sedotan kertas bisa terurai di lingkungan, tidak seperti plastik, sedotan kertas masih memiliki banyak kekurangan.

Sebuah studi terbaru dari University of Antwerp Belgia, mengungkap sedotan kertas mengandung lebih banyak bahan kimia Per- and Polyfluorinated substance (PFAS), dibandingkan plastik. PFAS yang juga dikenal sebagai bahan kimia abadi dapat bertahan di lingkungan selama beberapa dekade, dan dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan.

Baca Juga

Para peneliti di balik penelitian ini mengatakan hasil penelitian mereka menunjukkan sedotan kertas belum tentu merupakan alternatif yang lebih berkelanjutan daripada plastik. Semakin tinggi tingkat bahan kimia yang terkandung di dalamnya, itu dapat dilihat sebagai tanda tanya tentang seberapa biodegradable alternatif ini.

Jumlah gas rumah kaca yang dilepaskan selama siklus hidup sedotan kertas diperkirakan setara dengan seperempat emisi dari sedotan plastik. Penilaian siklus hidup yang dilakukan oleh para peneliti di Brasil pada tahun 2020 juga menghasilkan hasil yang serupa, dimana sedotan kertas memiliki dampak lingkungan yang lebih tinggi daripada sedotan plastik.

Penggunaan lahan yang dibutuhkan untuk bahan baku kertas yaitu pohon adalah alasan utamanya. Namun, penelitian ini tidak memperhitungkan dampaknya terhadap kehidupan laut, di mana para peneliti mengakui sedotan plastik kemungkinan akan memiliki dampak lebih tinggi di sana karena sedotan kertas terurai dengan cepat di dalam air.

Selain itu, sama seperti sedotan plastik, sedotan kertas juga biasanya tidak dapat didaur ulang karena lebih gampang terurai saat terkena cairan. Pemerintah Inggris juga menyimpulkan bahwa sedotan kertas mengeluarkan lebih banyak gas rumah kaca saat membusuk di tempat pembuangan akhir dibandingkan dengan plastik.

Lantas mana yang terbaik, sedotan kertas atau plastik? Tampaknya tidak keduanya. Founder The Last Plastic Straw, Jackie Nunez, mengatakan pilihan terbaik adalah dengan memilih sedotan non-plastik yang dapat digunakan kembali. Menurut dia, sedotan berbahan stainless steel dan kaca jauh lebih aman serta tahan terhadap keausan daripada plastik.

Meskipun lagi-lagi, sedotan berbahan kaca dan stainless steel tidak luput dari masalah. Sebuah penelitian mengungkap sedotan kaca menghasilkan emisi gas rumah kaca 44 kali lebih banyak dibandingkan sedotan plastik, sementara sedotan stainless steel menghasilkan emisi 148 kali lebih banyak.

Sedotan bambu lebih baik, tetapi masih menghasilkan 27 kali lebih banyak karbon dioksida daripada plastik. Penelitian lain di Afrika Selatan menemukan Anda perlu menggunakan sedotan kaca sebanyak 23-39 kali dan sedotan stainless steel tahan karat sebanyak 37-63 kali untuk menetralisir dampak lingkungan yang ditimbulkannya saat dibuat dan dijual. Untungnya, sedotan yang dibuat dengan baik dan dapat digunakan kembali akan bekerja dengan baik untuk ratusan kali pemakaian.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement