Jumat 24 Nov 2023 09:55 WIB

Dampak Perubahan Iklim, Harga 7 Bahan Makanan Ini Diprediksi Melonjak

Kenaikan suhu akibat dari perubahan iklim berdampak pada hasil pangan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Perubahan iklim membuat sejumlah komoditas pangan mengalami kenaikan harga.
Foto:

6. Beras

Cuaca yang sangat panas dan kering berdampak besar pada produksi beras, dan cuaca ekstrem tahun ini menaikkan harga makanan mulai dari risotto hingga khao pad. Sementara itu, di China, hujan lebat dan banjir telah merusak sawah-sawah mereka membuat harga beras di Asia telah melonjak ke level tertinggi dalam 15 tahun terakhir.

 

7. Daging dan produk susu

Sapi memakan banyak biji-bijian yang ditanam, sehingga harga jagung dan kedelai yang lebih tinggi akibat cuaca ekstrem meningkatkan biaya produk ternak, termasuk susu dan daging sapi. Per ekor sapi, produksi susu turun 4 kilogram tahun ini dibandingkan tahun 2022, sebagian karena cuaca panas dan lembab.

Kekeringan yang terus berlanjut telah meyakinkan banyak peternak untuk tidak mengembangkan ternak mereka, yang sudah mencapai jumlah terkecil dalam beberapa dekade terakhir. Semua faktor ini mendorong kenaikan harga daging sapi. USDA menaikkan subsidi tahun ini untuk para peternak yang kehilangan ternak akibat cuaca panas yang ekstrem di bawah Program Ganti Rugi Ternak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement