Rabu 06 Dec 2023 17:05 WIB

10 Tempat Berlibur di Eropa yang Sudah Terapkan Wisata Berkelanjutan

Eropa menjadi tempat terbaik di dunia untuk ekowisata.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Beberapa destinasi terindah di Eropa yang juga ramah lingkungan untuk pengalaman ekowisata yang tak terlupakan.
Foto: www.pixabay.com
Beberapa destinasi terindah di Eropa yang juga ramah lingkungan untuk pengalaman ekowisata yang tak terlupakan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Eropa adalah salah satu tempat terbaik di dunia untuk ekowisata, karena merupakan rumah bagi begitu banyak keajaiban dan atraksi alam yang luar biasa.

Mulai negara Nordik yang indah, Islandia, hingga wilayah Tuscany di Italia, berikut adalah beberapa destinasi terindah di Eropa yang juga ramah lingkungan untuk pengalaman ekowisata yang tak terlupakan dan berkelanjutan, seperti dilansir The Travel, Rabu (6/12/2023).

Baca Juga

 

1. Tallinn, Estonia

 

Selama beberapa waktu, Tallinn tetap menjadi salah satu tempat paling hijau di Eropa untuk dikunjungi. Selain terlibat dalam beberapa inisiatif untuk mempromosikan lingkungan hijau yang berkelanjutan, Tallinn juga telah melakukan upaya besar untuk mencapai netralitas karbon, menjaga kesehatan warga, dan masih terus berupaya mencapai status ultra-hijau pada tahun 2035.

Kota ini bahkan dianugerahi European Green Capital of 2023 sebagai penghargaan atas upayanya, dan itu sudah lebih dari cukup untuk menjadikannya tujuan ekowisata terbaik di Eropa. Ada banyak cara untuk menikmati wisata ramah lingkungan di sini, seperti berkunjung ke Kebun Binatang Tallinn untuk melihat lebih dari 350 spesies dan juga mengunjungi Taman Kadriorg untuk melihat bunga-bunga yang indah. Melakukan jalan-jalan bersejarah dan kota tua Tallinn dengan berjalan kaki juga merupakan pengalaman yang fantastis.

 

2. Grenoble, Prancis

Terletak di kaki Pegunungan Alpen Prancis yang menjulang tinggi, Grenoble adalah salah satu tujuan liburan paling ramah lingkungan di Eropa. Grenoble berkomitmen pada ekowisata dan bahkan merupakan salah satu kota paling hijau di Prancis.

Pengunjung di sini dapat memulai pengalaman ekowisata yang menyenangkan dengan melakukan perjalanan tanpa karbon menggunakan kereta gantung untuk menikmati pemandangan pegunungan yang menawan, kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi salah satu museum arkeologi di kota ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang sejarahnya.

 

3.  Taman Nasional Nera Gorge-Beusnita, Rumania

Taman Nasional Nera Gorge-Beusnita adalah tempat dengan keindahan dan kemegahan alam yang tak terlukiskan di Rumania. Taman ini merupakan rumah bagi danau berwarna biru kehijauan yang indah, air terjun yang menyegarkan, dan pepohonan yang indah.

Cara terbaik untuk menikmati petualangan ekowisata yang tak terlupakan di sini adalah dengan mendaki gunung, karena akan membawa Anda melewati semua permata alam di sini, termasuk margasatwa yang menarik dan spesies tanaman yang unik. Seperti biasa, tetaplah berada di jalur yang telah disediakan untuk menghindari dampak pada medan dan ekosistem taman yang rentan saat trekking.

 

4. Lahti Region, Finlandia

Lahti di Finlandia mungkin kurang dikenal di lanskap pariwisata Eropa, tetapi sejauh ini merupakan tujuan ekowisata Eropa yang luar biasa. Sebagai mantan penerima penghargaan Green Capital pada tahun 2021, kota ini dengan sungguh-sungguh bekerja untuk mencapai gaya hidup netral karbon pada tahun 2025, di antara upaya-upaya lain untuk mengurangi perubahan iklim. Lanskap di sini memadukan hutan yang rimbun dan danau-danau yang mempesona yang menunggu untuk dijelajahi.

 

5. Taman Nasional Connemara, Irlandia

Taman Nasional Connemara adalah tempat yang menakjubkan di Irlandia untuk menikmati ekowisata. Taman ini menawarkan pemandangan yang luar biasa, satwa liar yang beragam, dan berbagai spesies tanaman. Mendaki gunung sangat menyenangkan di sini, tetapi pengunjung juga dapat berkemah. Ada begitu banyak hal menakjubkan yang dapat dilihat saat melakukan petualangan ini, mulai dari pantai yang indah hingga sungai, hutan, danau, dan banyak lagi.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement