Selasa 05 Dec 2023 18:25 WIB

5 Destinasi Wisata Ini Sudah Berkonsep Sustainable Travel, Menarik Dikunjungi

Wisata berkelanjutan mendukung kelestarian lingkungan dan memiliki keindahan alam.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Dua warga bersepeda melintasi Sabana Bekol Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur.
Foto: ANTARA/Seno
Dua warga bersepeda melintasi Sabana Bekol Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seiring meningkatnya kesadaran akan isu keberlanjutan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah fokus pada usaha untuk mendorong pariwisata berkelanjutan di Indonesia. Selain keindahan alam yang memesona, berwisata ke destinasi yang berkelanjutan juga berarti mendukung upaya pelestarian lingkungan, satwa, sekaligus kesejahteraan masyarakat setempat.

Di Indonesia ada banyak destinasi wisata berbasis sustainable tourism yang bisa dikunjungi. Berikut 5 destinasi wisata berbasis sustainable tourism di Indonesia menurut Kemenparekraf.

Baca Juga

 

1. Taman Nasional Baluran

 

Taman Nasional Baluran Merupakan salah satu bentuk ekowisata yang mengembangkan pariwisata berkelanjutan di Indonesia. Taman naisonal yang berada di Situbondo, Jawa Timur, ini berwawasan lingkungan yang mengutamakan konservasi alam sebagai pendukung pelestarian satwa dan lingkungan, sekaligus juga kesejahteraan masyarakat setempat.

Dikenal juga sebagai “Little Afrika” di Jawa, Taman Nasional Baluran memiliki suasana savana yang khas. Ditambah lagi, menurut Jurnal Ilmiah Domestic Case Study, di Taman Nasional Baluran terdapat 444 jenis tumbuhan, 28 jenis mamalia, serta 196 aves, pisces, dan reptil.

Tak hanya kawasan Taman Nasional saja yang menarik dikunjungi, di sekitar Baluran juga terdapat berbagai objek wisata yang tak kalah indah. Seperti Pantai Bilik Sijile, Gunung Baluran, dan Savana Bekol.

 

2. Taman Nasional Ujung Kulon

Tidak hanya dikenal sebagai salah satu Situs Warisan Dunia dan rumah bagi Badak Jawa saja, Taman Nasional Ujung Kulon juga dikenal sebagai destinasi wisata yang mengembangkan sustainable tourism di Indonesia. Taman Nasional Ujung Kulon tidak sekadar melestarikan alam dan Badak Jawa yang kian langka saja, namun sekaligus memberdayakan masyarakat sekitar guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi.

Ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di Taman Nasional Ujung Kulon. Mulai dari snorkeling dan diving di Pulau Peucang, menikmati kekayaan alam di Kepulauan Handeuleum, atau bermain kano dan canoeing di Pulau Pamanggangan.

 

3. Sangeh Monkey Forest

Salah satu destinasi wisata berbasis sustainable tourism di Bali. Di sini wisatawan dapat melihat langsung habitat alami dari ratusan monyet berekor panjang, sekaligus mengenal lingkungan alam yang masuk dalam kawasan hutan lindung Bali.

Memiliki luas sekitar 10 hektar dengan udara yang sejuk, di Hutan Sangeh terdapat berbagai jenis flora yang cukup langka. Seperti tanaman amplas, pule, pala, buni, cempaka kuning, dan masih banyak lagi.

Selain menjadi rumah bagi ratusan monyet berekor panjang, Sangeh Monkey Forest juga menjadi tempat suci bagi masyarakat Hindu di Bali. Terdapat dua pura di tengah hutan yang disakralkan, yaitu Pura Melanting dan Pura Bukit Sari.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement