Jumat 15 Dec 2023 11:45 WIB

Ilmuwan Kaji Sejarah Karbon Dioksida di Atmosfer Selama 66 Juta Tahun

Studi mencakup catatan geologis yang mencakup 66 juta tahun terakhir.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Terakhir kali karbon dioksida di atmosfer secara konsisten mencapai tingkat parah seperti sekarang adalah 14 juta tahun lalu.
Foto: EPA-EFE/NASA/JPL-Caltech
Terakhir kali karbon dioksida di atmosfer secara konsisten mencapai tingkat parah seperti sekarang adalah 14 juta tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah tinjauan terhadap tingkat karbon dioksida di atmosfer purba dan suhu yang sesuai memberikan gambaran yang menakutkan tentang ke mana arah iklim Bumi. Studi ini mencakup catatan geologis yang mencakup 66 juta tahun terakhir.

Di antaranya menunjukkan bahwa terakhir kali karbon dioksida di atmosfer secara konsisten mencapai tingkat parah seperti sekarang adalah 14 juta tahun lalu, lebih lama daripada yang diindikasikan oleh beberapa penilaian yang ada. Penelitian ini menegaskan bahwa iklim jangka panjang sangat sensitif terhadap gas rumah kaca, dengan efek berjenjang yang dapat berevolusi selama ribuan tahun.

Baca Juga

Penelitian ini disusun selama tujuh tahun oleh konsorsium yang terdiri dari lebih dari 80 peneliti dari 16 negara. Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal Science.

"Kami telah lama mengetahui bahwa penambahan CO2 ke atmosfer akan meningkatkan suhu. Studi ini memberi kita gambaran yang jauh lebih kuat tentang betapa sensitifnya iklim dalam skala waktu yang panjang,” kata Bärbel Hönisch, seorang ahli geokimia di Lamont-Doherty Earth Observatory, Columbia University seperti dilansir Phys, Jumat (15/12/2023).

Perkiraan umum menunjukkan bahwa dalam skala puluhan tahun hingga ratusan tahun, setiap peningkatan dua kali lipat CO2 di atmosfer akan meningkatkan suhu global rata-rata 1,5 hingga 4,5 derajat Celcius. Namun, setidaknya satu studi terbaru yang banyak dibaca menyatakan bahwa konsensus saat ini meremehkan sensitivitas planet, dengan menempatkannya pada 3,6 hingga 6 derajat Celcius pemanasan per dua kali lipat.

Bagaimanapun, dengan melihat tren saat ini, semua perkiraan menempatkan planet ini sangat dekat dengan atau melampaui pemanasan 2 derajat Celcius yang dapat dicapai pada abad ini, dan banyak ilmuwan setuju bahwa kita harus menghindari hal tersebut jika memungkinkan.

Pada akhir tahun 1700-an, udara mengandung sekitar 280 bagian per juta (ppm) CO2. Saat ini, kadarnya sudah mencapai 420 ppm, meningkat sekitar 50 persen; dan pada akhir abad ini, kadarnya bisa mencapai 600 ppm atau lebih. Akibatnya, kita sudah berada di suatu tempat di sepanjang kurva pemanasan yang tidak menentu, dengan kenaikan sekitar 1,2 derajat Celcius sejak akhir abad ke-19.

Berapa pun suhu yang akhirnya terjadi, sebagian besar perkiraan pemanasan di masa depan diambil dari studi tentang bagaimana suhu dilacak dengan tingkat CO2 di masa lalu. Untuk itu, para ilmuwan menganalisis berbagai bahan termasuk gelembung udara yang terperangkap dalam inti es, kimiawi tanah purba dan sedimen laut, serta anatomi fosil daun tanaman.

Anggota konsorsium tidak mengumpulkan data baru, namun mereka berkumpul untuk memilah-milah penelitian yang telah dipublikasikan untuk menilai keandalannya, berdasarkan pengetahuan yang terus berkembang. Mereka mengecualikan beberapa penelitian yang mereka anggap sudah ketinggalan zaman atau tidak lengkap karena adanya temuan-temuan baru, dan mengkalibrasi ulang penelitian-penelitian lain untuk memperhitungkan teknik-teknik analisis terbaru.

Kemudian mereka menghitung kurva baru 66 juta tahun CO2 versus suhu berdasarkan semua bukti sejauh ini, dan sampai pada konsensus tentang apa yang mereka sebut sensitivitas sistem bumi. Dengan ukuran ini, kata peneliti, dua kali lipat CO2 diprediksi akan menghangatkan planet ini sebesar 5 hingga 8 derajat Celcius.

Sensitivitas sistem bumi menggambarkan perubahan iklim selama ratusan ribu tahun, bukan dekade dan abad yang langsung relevan bagi manusia. Para penulis mengatakan bahwa dalam jangka waktu yang panjang, peningkatan suhu dapat muncul dari proses bumi yang saling terkait yang melampaui efek rumah kaca yang diciptakan oleh CO2 di udara.

Hal ini termasuk mencairnya lapisan es di kutub, yang akan mengurangi kemampuan Bumi untuk memantulkan energi matahari; perubahan tutupan tanaman di daratan; dan perubahan awan dan aerosol di atmosfer yang dapat meningkatkan atau menurunkan suhu.

"Jika Anda ingin kami memberitahu Anda berapa suhu di tahun 2100, ini tidak memberi tahu Anda. Namun, penelitian ini memiliki pengaruh terhadap kebijakan iklim saat ini. Hal ini memperkuat apa yang telah kita ketahui sebelumnya. Penelitian ini juga memberitahu kita bahwa ada efek yang lamban dan berjenjang yang akan berlangsung selama ribuan tahun,” ujar salah satu penulis, Dana Royer, ahli paleoklimatologi dari Wesleyan University.

Honisch mengatakan bahwa penelitian ini akan berguna bagi para pemodel iklim yang mencoba memprediksi apa yang akan terjadi dalam beberapa dekade mendatang, karena mereka akan dapat memasukkan pengamatan yang baru dan kuat ke dalam studi mereka, dan menguraikan proses yang beroperasi pada skala waktu yang pendek dan panjang. Dia mencatat bahwa semua data proyek ini tersedia dalam basis data terbuka, dan akan diperbarui secara berkala.

Periode yang paling jauh, dari sekitar 66 juta hingga 56 juta tahun yang lalu, telah menjadi teka-teki, karena Bumi sebagian besar bebas dari es, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi CO2 relatif rendah. Hal ini menimbulkan keraguan tentang hubungan antara CO2 dan suhu. Namun, setelah konsorsium mengecualikan perkiraan yang mereka anggap paling tidak dapat diandalkan, mereka menentukan bahwa CO2 sebenarnya cukup tinggi-sekitar 600 hingga 700 bagian per juta, sebanding dengan apa yang dapat dicapai pada akhir abad ini.

Para peneliti mengkonfirmasi keyakinan yang sudah lama dipegang bahwa periode terpanas terjadi sekitar 50 juta tahun yang lalu, ketika CO2 melonjak hingga 1.600 ppm, dan suhu mencapai 12 derajat Celcius lebih tinggi dari saat ini. Namun, sekitar 34 juta tahun yang lalu, CO2 telah turun cukup banyak sehingga lapisan es Antartika yang sekarang mulai terbentuk.

Dengan beberapa pasang surut, hal ini diikuti oleh penurunan CO2 jangka panjang lebih lanjut, di mana nenek moyang banyak tanaman dan hewan modern berevolusi. Hal ini menunjukkan, menurut penulis makalah tersebut, bahwa variasi CO2 tidak hanya memengaruhi iklim, tetapi juga ekosistem.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement