Senin 18 Dec 2023 20:10 WIB

5 Cara Menyerap Karbon dari Rumah

Penyerapan karbon bisa terjadi dengan aktivitas yang dilakukan di rumah.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Penyerapan karbon tidak hanya bekerja dalam skala besar, dan bisa kita lakukan di rumah
Foto: www.freepik.com
Penyerapan karbon tidak hanya bekerja dalam skala besar, dan bisa kita lakukan di rumah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cara utama untuk menyerap karbon di rumah adalah dengan cara biologis. Kita perlu menciptakan lingkungan yang beragam secara biologis, di mana tanah memiliki gangguan minimal dan tanaman memiliki stabilitas maksimum.

Penyerapan biologis berpusat di sekitar tanah dan tanaman yang tumbuh di dalamnya yang mengunci karbon dalam siklus kehidupan, alih-alih melepaskannya ke atmosfer. Contoh utama dari hal ini adalah hutan, itulah sebabnya, reboisasi menjadi bagian penting dalam upaya penyeimbangan karbon global.

Baca Juga

Namun, penyerapan karbon tidak hanya bekerja dalam skala besar. Ini adalah sesuatu yang bisa kita lakukan di rumah. Berikut lima cara untuk menyerap karbon yang bisa dilakukan di rumah seperti dilansir One Green Planet, Senin (18/12/2023).

1. Menanam pohon di atas rumput

Rumput sangat baik dalam menyerap karbon dan mengalirkannya ke dalam tanah alih-alih membuangnya ke atmosfer. Tingkat penyerapan karbon bersih di halaman rumput perkotaan diperkirakan antara 200 dan 1.800 pon karbon per hektare. Namun, cara kita memelihara rumput tidak begitu baik untuk itu.

Sebaliknya, kita harus mencari cara untuk menambahkan banyak pohon di halaman. Pasalnya pohon sangat bagus dalam menyerap karbon, tanpa perlu rutin dipangkas dan perawatan lainnya seperti yang dibutuhkan rumput.

 

2. Menjaga kualitas tanah

Membuat tanah tetap terjaga adalah cara yang sangat efektif untuk menyerap karbon. Tanah yang sehat akan penuh dengan kehidupan yang secara terus menerus mengikis karbon di dalamnya. Sebaliknya, tanah yang terganggu dan gundul akan semakin tidak memiliki kehidupan, kekurangan nutrisi, dan melepaskan karbon ke atmosfer.

Kita dapat menjaga kualitas tanah salah satunya dengan pengomposan. Tumpukan kompos akan mengambil bahan organik dan mengubahnya menjadi tanah yang subur dan sehat yang dapat digunakan untuk menumbuhkan tanaman yang sehat yang akan menyerap lebih banyak karbon. Sekali lagi, ini adalah siklus yang menjaga kelebihan karbon dari udara.

 

3. Praktekkan berkebun tanpa membajak tanah

Pengolahan tanah melepaskan karbon ke atmosfer. Dengan kata lain, semua ladang monokultur besar yang digarap dengan cara dibajak sangat buruk bagi lingkungan. Sebagai gantinya, kita dapat menanam kebun tanpa olah tanah di rumah, menambahkan bahan organik di atas tanah dan membangunnya daripada mengekspos tanah ke udara, menghancurkan mikroorganisme di dalamnya, dan merusak atmosfer.

 

4. Menanam tanaman tahunan

Tanaman tahunan adalah tanaman yang tumbuh selama satu musim dan kemudian mati. Tanaman keras tumbuh selama tiga tahun atau lebih. Alasan mengapa hal ini penting dalam hal penyerapan karbon adalah karena tanaman tahunan menyerap dan menjebak karbon dalam organisme hidup selama bertahun-tahun, sedangkan tanaman semusim harus didaur ulang melalui proses penguraian alami setiap tahun. Meskipun pengomposan yang efektif dapat membantu memanfaatkan bangkai tanaman tahunan dengan baik, tanaman tahunan jauh lebih efektif dalam menyerap karbon.

 

5. Membuat Biochar

Biochar pada dasarnya adalah arang khusus yang terbuat dari bahan tanaman. Bahan tanaman kering dibakar pada suhu tinggi tanpa oksigen. Bahan tersebut -sekitar setengahnya adalah karbon- menjadi biochar, bentuk karbon yang sangat stabil. Biochar ini akan tetap utuh selama ratusan tahun. Ketika biochar dimasukkan ke dalam tanah, karbon akan tetap berada di luar atmosfer selama berabad-abad. Sementara itu, biochar juga dapat membantu meningkatkan kualitas tanah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement