Sabtu 23 Dec 2023 16:15 WIB

Berlibur Akhir Tahun dengan Mulai Terapkan Wisata Berkelanjutan

Berwisata dengan tetap menjaga lingkungan bisa dimulai dengan langkah berikut.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Menerapkan praktik wisata berkelanjutan akan membantu menjaga bumi dari dampak perubahan iklim.
Foto:

6. Pesan langsung melalui platform online yang mencantumkan destinasi berkelanjutan

Pastikan Anda merencanakan rencana perjalanan Anda berdasarkan informasi dari situs web tepercaya dan memesan paket Anda di platform yang kredibel. Dari informasi dari media sosial, Anda dapat mengumpulkan semua informasi dan memeriksa ulang pembaruan dengan panggilan telepon atau email, sampai benar-benar yakin bahwa Anda berurusan dengan sumber yang tepat.

Cobalah untuk mendapatkan pengalaman yang istimewa, seperti yang akan Anda temukan di Ekowisata Tangkahan di Sumatera Utara, di mana Anda bisa menemukan sungai yang menenangkan dan tanaman hijau yang rimbun untuk menyejukkan mata. Anda juga akan memiliki kesempatan untuk menyapa gajah-gajah ramah yang berkeliaran di sekitar, dan jika Anda beruntung, Anda bahkan dapat membantu mereka mandi.

 

7. Mengunjungi area konservasi dengan bertanggung jawab

Anda dapat menemukan banyak kegiatan di sekitar area konservasi di Indonesia. Tempat konservasi yang bisa Anda kunjungi di seluruh Indonesia adalah taman nasional seperti Taman Safari Bogor atau Way Kambas Lampung. Tempat lain yang juga harus ada dalam daftar Anda adalah Kebun Raya Bogor, Taman Nasional Pulau Komodo dan masih banyak lagi. Anda pasti akan mengisi jadwal Anda dengan kegiatan di daerah tersebut karena ada banyak pilihan.

Di Taman Nasional Tanjung Puting, bersiaplah untuk disambut tidak hanya oleh pemandangan yang tidak ada duanya, tapi juga oleh orangutan yang ramah yang menyebut Tanjung Puting sebagai rumah mereka. Lebih baik lagi, satu-satunya cara untuk mengelilingi tempat ini adalah dengan berjalan kaki, jadi nikmati suasana sejuk di hutan dengan alam yang indah di sekelilingnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement