Sabtu 23 Dec 2023 16:15 WIB

Berlibur Akhir Tahun dengan Mulai Terapkan Wisata Berkelanjutan

Berwisata dengan tetap menjaga lingkungan bisa dimulai dengan langkah berikut.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Menerapkan praktik wisata berkelanjutan akan membantu menjaga bumi dari dampak perubahan iklim.
Foto: www.pixabay.com
Menerapkan praktik wisata berkelanjutan akan membantu menjaga bumi dari dampak perubahan iklim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bepergian ke destinasi bernuansa alam di Indonesia menjadi pilihan tepat bagi mereka yang merencanakan liburan. Selain itu, Anda juga bisa sambil mencoba menerapkan praktik-praktik yang lebih bertanggung jawab dan berkelanjutan untuk menjaga bumi sekaligus memperkaya pengalaman.

Lantas bagaimana cara terbaik untuk memulainya? Dilansir Wonderful Indonesia, Sabtu (23/12/2023), berikut 9 ide untuk perjalanan yang lebih berkelanjutan di Indonesia.

Baca Juga

1. Pergi ke destinasi eco-friendly

Ada banyak destinasi wisata yang indah nan asri dengan pemandangan dan kehidupan masyarakat yang eksotik di Indonesia. Anda bisa berkunjung ke sana, sambil mencoba menerapkan praktik wisata yang lebih bertanggung jawab dan berkelanjutan, sehingga dapat memberi dampak positif bagi alam dan masyarakat setempat.

Tempat yang tepat untuk memulainya adalah Desa Ware Rebo yang telah meraih anugerah Sustainable Tourism Award (ISTA) untuk kategori Sosial Budaya. Sebagai destinasi yang telah memenangkan penghargaan Top Award of Excellence dari UNESCO pada tahun 2012, Anda pasti akan terpesona dengan semua kekayaan budaya yang ditawarkan.

Bayangkan Anda disambut oleh rumah-rumah tradisional unik yang disebut Mbaru Niang dan panorama pegunungan yang memukau dengan hutan Todo yang lebat terbentang di depan mata Anda. Waerebo juga bisa menjadi tempat yang sempurna untuk mendalami kecintaan Anda pada alam.

Menjadi turis yang bertanggung jawab berarti Anda tidak hanya sekadar berkunjung, tetapi juga membantu melestarikan warisan alam, sosial, dan budaya. Perubahan terbesar sering kali dimulai dari hal yang paling kecil. Hanya dengan tidak membuang sampah sembarangan agar tidak dimakan oleh hewan di sana, membeli kerajinan tangan lokal, dan menggunakan air atau listrik secara bertanggung jawab, Anda sudah berkontribusi banyak untuk masa depan.

 

2. Mencari tahu soal destinasi wisata berkelanjutan

Ada banyak cara untuk memastikan bahwa liburan Anda benar-benar menjadi perjalanan yang berkelanjutan, salah satunya adalah dengan mencari tempat-tempat yang sudah berfokus pada pariwisata berkelanjutan.

Salah satu tempat yang mempesona ini adalah Taman Nasional Bali Barat. Tidak heran jika rumah bagi lebih dari seratus spesies satwa liar ini telah memenangkan penghargaan ISTA untuk lingkungannya yang luar biasa.

 

3. Dari semua tempat yang indah, pilih yang kamu favoritkan

Tempat-tempat wisata seperti Kawasan Wisata Pantai Pandawa, Desa Wisata Lodge Maribaya, Kampoeng Cinangneng, dan Desa Pujon Kidul telah memenangkan penghargaan Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) untuk pemanfaatan ekonomi bagi masyarakat lokal pada tahun 2018. Di Maribaya, Anda dapat menikmati panorama tanpa batas sambil menyeruput secangkir kopi panas.

Jika Anda tertarik dengan tempat wisata yang berkelanjutan dengan pemandangan yang menakjubkan, Ekowisata Tangkahan, Tanjung Puting, Taman Nasional Bali Barat, dan WAHA Tourism Community (WTC) telah memenangkan penghargaan untuk lingkungannya. Jika Anda juga menyukai binatang, pertimbangkan untuk mengunjungi Tangkahan dan bertemu dengan para raksasa yang jinak.

Sementara itu, jika Anda ingin menyelami kekayaan budaya di Indonesia, tempat wisata seperti Desa Wae Rebo, Wisata Kei, Ulun Danu Beratan, dan Desa Belajar Tanoker bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda, karena mereka telah memenangkan penghargaan Sosial Budaya dari ISTA. Di Tabanan Bali, Anda dapat menemukan Ulun Danu Beratan. Pura ini terletak di tengah-tengah Danau Beratan yang tenang dan nyaman. Jadi bersiaplah untuk merasakan nuansa yang megah dan surealis!

 

4. Cari hotel yang berkelanjutan

Selain tempat wisata, Anda bisa berwisata secara bertanggung jawab dengan menginap di hotel-hotel ramah lingkungan yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa tempat Anda menginap adalah tempat yang mendukung prinsip-prinsip ramah lingkungan dan dapat membantu tujuan Anda untuk liburan yang berkelanjutan.

Anda mungkin dapat menambahkan Nihi Sumba ke dalam daftar liburan berkelanjutan, karena tempat ini sangat memikat hati. Terletak di pulau terpencil Sumba, menginap di sini akan membuat Anda merasa menyatu dengan alam dan budaya di sekitarnya. Dengan kepedulian mereka terhadap lingkungan sekitar, tidak heran jika tempat yang indah ini memenangkan penghargaan ISTA, dan baru-baru ini juga dinobatkan sebagai Hotel Nomer 1 di dunia di World's Best Awards.

 

5. Membuat checklist untuk perjalanan eco-friendly Anda

Setelah merencanakan kegiatan dan tempat-tempat yang akan Anda kunjungi, susunlah aturan dasar untuk perjalanan ramah lingkungan Anda. Dengan cara ini akan selalu ada pengingat tentang apa yang harus dan tidak boleh dilakukan selama liburan ramah lingkungan Anda.

Beberapa ide untuk checklist adalah melakukan perjalanan yang ringan, dengan ini Anda akan memiliki dampak yang lebih kecil terhadap tempat-tempat yang akan akan dikunjungi. Anda juga dapat memperkaya perjalanan dengan menyelami budaya dan kebiasaan penduduk setempat. Terutama karena Indonesia menawarkan kekayaan budaya yang luar biasa, akan sangat disayangkan jika Anda hanya melewatkan tempat-tempat wisata tanpa berinteraksi dengan penduduk setempat.

Anda tidak hanya dapat menyeruput kopi dan menikmati panorama yang mempesona, Anda juga dapat menemukan produk makanan lokal yang ditawarkan Pujon Kidul, mulai dari produk susu hingga minuman herbal khusus yang disebut Jamu yang dibuat dari kebun herbal mereka sendiri. Anda juga dapat mempelajari bahwa beberapa penduduk desa di sini mempraktikkan pengolahan biogas sebagai salah satu upaya mereka untuk mendapatkan energi mandiri.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement