Senin 01 Jan 2024 14:52 WIB

Perubahan Iklim Dapat Membuat Kopi Menjadi Lebih Pahit dan Mahal  

Cuaca yang semakin tidak menentu membuat panen kopi di seluruh dunia terancam.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Gita Amanda
Kopi (ilustrasi). Para pecinta kopi tampaknya harus bersiap, lantaran perubahan iklim dapat membuat kopi terasa lebih pahit.
Foto: PixaHive
Kopi (ilustrasi). Para pecinta kopi tampaknya harus bersiap, lantaran perubahan iklim dapat membuat kopi terasa lebih pahit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cita rasa kopi yang khas menjadikannya salah satu minuman favorit, dengan konsumsi global mencapai 166 juta karung pada 2021, menurut International Coffee Organization. Namun kini, para pecinta kopi tampaknya harus bersiap, lantaran perubahan iklim dapat membuat kopi terasa lebih pahit, tidak enak, dan harganya pun lebih mahal.

Cuaca yang semakin tidak menentu membuat panen kopi di seluruh dunia terancam, termasuk di Vietnam sebagai penghasil robusta terbesar.

Baca Juga

“Kami harus menggali lebih dalam untuk mendapatkan air. Beberapa tahun, kami tidak memiliki cukup air untuk irigasi. Dan beberapa tahun lainnya, terlalu banyak hujan,” kata Tran Thi Lien di perkebunan seluas 1 hektare miliknya di provinsi Dak Lak, Vietnam, seperti dilansir Strait Times, Senin (1/1/2024).

Kondisi pertumbuhan yang lebih sulit telah membuat para petani Vietnam mempertanyakan nilai kopi sebagai tanaman komersial. Bahkan beberapa petani kopi kini beralih menanam lada hitam dan durian, buah yang populer di seluruh Asia Tenggara dan di kalangan konsumen Cina.

Berkurangnya pasokan telah mendorong harga robusta pada tahun 2023 ke level tertinggi sejak setidaknya tahun 2008, dan kenaikan suhu berarti produksi di masa depan akan menurun.

Kopi adalah industri bernilai sekitar 200 miliar dolar AS yang membentang dari perkebunan kopi di Brasil atau Indonesia, hingga ke pabrik kopi instan seperti Nestle. Secara tradisional, seller seperti Starbucks lebih menyukai jenis arabika yang lebih ringan dan aromatik, sedangkan robusta digunakan untuk kopi instan. Tetapi konsumen harus terbiasa dengan rasa yang berbeda.

Sebuah studi tahun 2022 tentang tanaman komersial tropis yang mencakup arabika, serta alpukat dan jambu mete, menemukan bahwa biji kopi paling rentan terhadap perubahan iklim, dengan wilayah yang cocok untuk produksinya menyusut secara global terutama karena peningkatan panas. Para peneliti menemukan bahwa perlu dilakukan adaptasi, termasuk dengan mengganti arabika dengan robusta yang lebih keras.

Nestle, produsen Nespresso dan Nescafe asal Swiss, adalah salah satu yang bergulat dengan perubahan ini. "Diperkirakan bahwa 30 tahun dari sekarang, pada dasarnya 50 persen dari lahan kopi yang kita kenal sekarang tidak akan dapat digunakan lagi untuk produksi kopi, jika perubahan iklim tidak diatasi," ujar Philipp Navratil, kepala global unit bisnis strategis kopi Nestle.

Nestle adalah konsumen utama robusta di seluruh dunia, konsumen meminum lebih dari 6.000 cangkir Nescafe setiap detiknya. Nestle menghabiskan 700 juta dolar AS setiap tahun untuk membeli sekitar seperempat produksi kopi Vietnam.

Pada tahun 2022, perusahaan ini menyatakan akan menginvestasikan lebih dari 1,2 miliar dolar AS pada tahun 2030 untuk mendorong para petani yang memasok merek Nescafe menggunakan metode pertanian yang lebih berkelanjutan karena cuaca ekstrem mengancam tanaman dan beradaptasi. Hal ini termasuk mengganti pohon-pohon yang ada dengan varietas yang dapat mengatasi perubahan iklim dengan lebih baik.

Namun, bahkan biji kopi yang paling tangguh pun akan diuji seiring dengan meningkatnya suhu. "Robusta bukanlah solusi untuk perubahan iklim. Robusta lebih toleran terhadap panas dan beberapa penyakit serta hama, tetapi kami masih perlu mempelajari batas-batas robusta,” kata Jennifer Long, kepala eksekutif World Coffee Research, sebuah organisasi yang dibentuk oleh industri kopi global pada tahun 2012 untuk mendorong inovasi.

Dalam sebuah laporan bulan Oktober, World Coffee Research mengatakan bahwa dunia mungkin akan menghadapi kekurangan robusta pada tahun 2040 sebanyak 35 juta kantong dengan mempertimbangkan tren konsumsi yang meningkat dan dampak perubahan iklim terhadap produksi. (Dunia saat ini memproduksi hampir 80 juta kantong robusta per tahun).

Long mengatakan bahwa perubahan pola cuaca dapat menyebabkan hasil panen yang jauh lebih rendah, yang pada gilirannya akan membuat jutaan petani kecil - yang memproduksi 60 persen kopi dunia - rentan terhadap kerawanan ekonomi dan pangan. Industri Vietnam terdiri dari petani tambal sulam yang mengelola lahan seluas 1 hektar hingga 2 hektar.

Musim kemarau yang berkepanjangan di Vietnam dan kurangnya air irigasi dalam beberapa tahun terakhir telah sangat memengaruhi produktivitas perkebunan kopi robusta di Dataran Tinggi Tengah, menurut sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2021 oleh penulis dari berbagai organisasi, termasuk Vietnam National University. Negara ini juga bersiap menghadapi dampak El Nino dalam beberapa bulan mendatang.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement