Jumat 08 Mar 2024 16:16 WIB

Perubahan Iklim Buat Nelayan Pesisir Malaysia Berhenti Melaut

Cuaca di laut kian ekstrem dan stok ikan juga menurun.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Banyak nelayan tradisional Malaysia yang semakin terdampak krisis iklim (ilustrasi).
Foto: ANTARA
Banyak nelayan tradisional Malaysia yang semakin terdampak krisis iklim (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada suatu pagi yang mendung enam tahun yang lalu, Mohammad Ridhwan Mohd Yazid sedang dalam perjalanan pulang ke pesisir selatan Johor, Malaysia, ketika perahu nelayan kecilnya terjebak dalam badai yang tiba-tiba datang.

Dalam hitungan menit, angin selatan yang tenang di bulan Maret berubah menjadi angin kencang yang menghantam perahunya, serta menghempaskan dirinya dan hasil tangkapannya hari itu ke udara.

Baca Juga

Sendirian dan berjarak sekitar satu kilometer dari pantai barat laut Singapura, Ridhwan mendarat kembali ke perahu di dekat mesinnya dan segera berbelok ke daratan.

"Saya tidak peduli bahwa saya kehilangan separuh dari hasil tangkapan saya hari itu. Saya hanya ingin pulang," kata pria berusia 30 tahun ini kepada Al Jazeera dalam sebuah wawancara di dermaga pantai di Pendas, sebuah desa nelayan di negara bagian selatan Malaysia, Johor.

Kisah Ridhwan bukanlah kisah yang terisolasi, namun juga dialami oleh banyak nelayan tradisional Malaysia yang semakin terdampak oleh krisis iklim, mengubah pola cuaca yang mengatur kapan dan di mana mereka dapat menangkap ikan.

Nelayan tersebut diperkirakan berjumlah sekitar 65 persen dari total komunitas nelayan di Malaysia, dan merupakan operator skala kecil dari komunitas tepi pantai atau sungai yang melintasi perairan dekat pantai atau sepanjang sungai untuk mencari ikan, kerang, kepiting, dan hewan laut lainnya untuk memenuhi permintaan lokal.

Mereka biasanya menggunakan perahu bermesin tunggal dengan panjang sekitar tujuh meter, menebarkan jala di area hingga 9,3 kilometer dari pantai di sepanjang garis pantai sepanjang lebih dari 4.600 kilometer di negara ini.

Namun, cuaca yang tidak menentu, laut yang menghangat, dan menurunnya stok ikan yang disebabkan oleh perubahan iklim perlahan-lahan membuat mereka menjauh dari laut yang dulu menjadi tempat mereka dan generasi sebelumnya bergantung.

"Dulu, kami tidak perlu pergi jauh untuk mendapatkan hasil tangkapan yang bagus. Kami cukup pergi ke dekat pantai," kata Mohd Hafiza Abu Talib seperti dilansir Al Jazeera, Jumat (8/3/2024).

Sekarang, kata dia, angin bisa berubah arah tanpa peringatan. Itu pada akhirnya membahayakan para nelayan kecil yang biasanya bekerja sendirian atau mencari ikan di malam hari.

"Angin bisa tiba-tiba berubah dan membawa kita ke tempat lain. Lebih buruk lagi jika kita memancing dalam kegelapan, dan kita tidak memiliki GPS," tambah pria berusia akhir 40-an ini.

Sementara itu, studi yang dilakukan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menunjukkan bahwa lautan menyerap 25 persen dari seluruh emisi karbon dioksida dan menangkap 90 persen panas yang dihasilkan oleh emisi ini yang terperangkap di atmosfer bumi.

Badan Kelautan dan Atmosfer Nasional yang berbasis di Amerika Serikat (NOAA) menunjukkan suhu permukaan laut harian sebesar 21 derajat Celcius  sejak awal Januari, satu derajat lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama pada 30 tahun yang lalu.

Emisi yang dilepaskan akibat aktivitas manusia dan industri telah mendorong suhu rata-rata lautan menjadi lebih tinggi, yang menyebabkan mencairnya es di kutub, naiknya permukaan air laut, pengasaman laut, gelombang panas laut, dan cuaca yang semakin tak terduga. Hutan bakau juga telah rusak, dan terumbu karang, tempat ikan berkembang biak, telah memutih.

Profesor Mohd Fadzil Mohd Akhir, seorang ahli kelautan dari Universiti Malaysia Terengganu, mengatakan bahwa hewan-hewan laut, yang sensitif terhadap suhu laut, ditemukan bermigrasi ke perairan yang lebih dingin ketika lautan menghangat.

"Bukan berarti bahwa ketika iklim menjadi lebih hangat, ikan tidak tersedia di mana pun. Sebagian besar organisme laut di daerah tropis akan pindah ke daerah yang lebih dingin ketika daerah tersebut menjadi lebih hangat,” kata Mohd Fadzil.

Sebuah studi dari University of British Columbia tahun 2022 menemukan bahwa perubahan iklim akan memaksa 45 persen ikan yang melintasi dua atau lebih zona ekonomi eksklusif untuk berpindah dari habitat aslinya pada akhir abad ini. Zona ekonomi eksklusif (ZEE) mengacu pada area lautan atau laut yang membentang sekitar 370 kilometer di luar perairan teritorial suatu negara.

Prospek penurunan lebih lanjut akibat menurunnya hasil panen merupakan pukulan besar bagi nelayan pesisir Malaysia yang telah menginvestasikan ribuan dolar dalam perdagangan yang sering kali tidak menguntungkan. Satu perahu dapat menghabiskan biaya sekitar 14.000 ringgit Malaysia, dengan ribuan ringgit lainya dibutuhkan untuk jaring, mesin, dan bahan bakar.

Awalnya, para nelayan di daerah tersebut menyalahkan berkurangnya pasokan ikan karena pembangunan pesisir dan industri. Keluhan utama adalah pembangunan pulau-pulau buatan yang membentuk proyek properti Forest City seluas 2.833 hektare (7.000 acre) yang didukung oleh China, sekitar 20 kilometer dari Pendas.

Namun, Serina Rahman, seorang ilmuwan konservasi yang bekerja dengan para nelayan di daerah tersebut selama lebih dari 15 tahun, juga melihat adanya penurunan yang dramatis ketika industri ditutup selama pandemi COVID-19.

"Kami selalu mengira bahwa pembangunanlah yang mempengaruhi hasil tangkapan ikan," kata dosen dari National University of Singapore ini.

Namun, Serina dan para nelayan menyadari bahwa stok ikan tidak naik kembali seperti yang diharapkan, bahkan ketika pembangunan pesisir, yang sebelumnya disalahkan atas menurunnya hasil tangkapan, terhenti selama masa lockdown.

Didorong oleh berkurangnya pasokan ikan dan cuaca ekstrem, beberapa nelayan dari Pendas telah bersatu dengan bantuan dari kelompok lingkungan setempat untuk membangun anjungan penangkapan ikan lepas pantai untuk mendapatkan lebih banyak uang.

Disebut sebagai "kelong" atau "rakit", struktur kayu terapung ini berfungsi sebagai tempat pengembangbiakan ikan yang terkendali dan tempat bagi para pemancing yang berkunjung. Secara potensial, setiap anjungan dapat menjaring hingga 100 ribu per tahun dalam bentuk ikan; jauh lebih kecil risikonya dibandingkan dengan melaut.

Namun, Ridhwan akhirnya berhenti menjadi nelayan dua tahun lalu dan menjual perahunya. Saat ini, Ridhwan melakukan pekerjaan menyelam dan terkadang merawat anjungan nelayan Pendas dan memberi makan ikan yang mereka budidayakan.

"Semua orang di sini ingin menjadi nelayan. Tapi jika itu tidak baik untuk kami, apa gunanya? Kami harus berubah mengikuti perkembangan zaman,” kata Ridhwan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement