Selasa 19 Mar 2024 13:12 WIB

Penggunaan Heat Pump Hambat Pengurangan Emisi di Inggris

Inggris dorong penggantian gas dengan heat pump bertenaga listrik di rumah tangga.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Inggris berharap penggantian boiler gas dengan heat pump bertenaga listrik akan berperan besar dalam mengurangi emisi dari sektor ini.
Foto: www.freepik.com
Inggris berharap penggantian boiler gas dengan heat pump bertenaga listrik akan berperan besar dalam mengurangi emisi dari sektor ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemajuan Inggris dalam mengurangi emisi di sektor pemanas rumah terhambat oleh lambatnya penggunaan heat pump. Demikian menurut pengawas parlemen dalam sebuah laporan pada Senin.

Sebagian besar rumah di Inggris dipanaskan dengan gas dan sektor pemanas rumah menyumbang sekitar 18 persen dari keseluruhan emisi gas rumah kaca di negara tersebut. Pemerintah berharap penggantian boiler gas dengan heat pump bertenaga listrik akan berperan besar dalam mengurangi emisi dari sektor ini.

Baca Juga

Laporan dari Kantor Audit Nasional (NAO) menemukan bahwa Departemen Keamanan Energi dan Net Zero tidak memiliki rencana jangka panjang yang menyeluruh untuk mengatasi rendahnya tingkat kesadaran di antara rumah tangga mengenai langkah-langkah yang diperlukan untuk mendekarbonisasi pemanas rumah.

"Pemerintah perlu melibatkan setiap rumah tangga untuk mencapai tujuannya dalam dekarbonisasi pemanas rumah sebagai bagian dari transisi menuju net zero," kata kepala NAO Gareth Davies, seperti dilansir Reuters, Selasa (19/3/2024).

Inggris memiliki target yang mengikat secara hukum untuk mencapai net zero emission pada tahun 2050. Namun untuk mencapainya diperlukan perubahan dalam cara sebagian besar dari 28 juta rumah di negara tersebut dipanaskan, demikian ungkap NAO dalam laporannya.

Menurut laporan NAO, sekitar 18.900 heat pump dipasang antara Mei 2022 dan Desember 2023, jauh dari ekspektasi pemerintah sebesar 50 ribu. Pemerintah menargetkan sebanyak 600 ribu heat pump dipasang per tahun pada tahun 2028.

Seorang juru bicara Departemen Keamanan Energi dan Net Zero mengatakan bahwa pihaknya akan terus menjalankan kampanye melalui TV, radio, dan surat kabar untuk menjangkau 16,6 juta rumah tangga dengan informasi tentang heat pump, insulasi, dan cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi tagihan listrik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement