Selasa 30 Apr 2024 15:35 WIB

Petani Vietnam Ubah Cara Tanam Padi Kurangi Emisi Metana

Perubahan iklim juga membuat petani kesulitan temukan pekerja di pertanian.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Laporan perubahan iklim PBB pada tahun 2022 memperingatkan akan adanya banjir yang lebih parah pada musim hujan dan kekeringan pada musim kemarau.
Laporan perubahan iklim PBB pada tahun 2022 memperingatkan akan adanya banjir yang lebih parah pada musim hujan dan kekeringan pada musim kemarau.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada satu hal yang membedakan sawah milik Vo Van Van (60 tahun) dengan ribuan sawah lainnya di provinsi Long An, Delta Mekong, Vietnam selatan. Sawah tersebut tidak sepenuhnya tergenang air.

Hal itu tak lepas dari keputusan Van yang mulai menerapkan teknik baru dengan menggunakan sedikit air dan sebuah drone untuk memupuk. Ini diharapkan bisa membantu memecahkan paradoks dalam menanam padi, yang tidak hanya rentan terhadap perubahan iklim, namun juga berkontribusi secara unik terhadap perubahan iklim.

Baca Juga

Padi harus ditanam secara terpisah dari tanaman lain dan bibitnya harus ditanam satu per satu di lahan yang tergenang air. Pekerjaan yang melelahkan itu membutuhkan banyak tenaga kerja dan air yang menghasilkan banyak metana, gas penghasil panas bumi yang dapat memerangkap panas di atmosfer 80 kali lebih banyak dalam jangka pendek daripada karbon dioksida.

Ini adalah masalah yang unik dalam menanam padi, karena sawah yang tergenang air akan menghalangi oksigen masuk ke dalam tanah, sehingga menciptakan kondisi yang tepat bagi bakteri penghasil metana. Sawah menyumbang 8 persen dari semua metana yang dihasilkan manusia di atmosfer, menurut laporan Organisasi Pangan dan Pertanian tahun 2023.

Vietnam adalah pengekspor beras terbesar ketiga di dunia, dan pentingnya beras bagi budaya Vietnam dapat dilihat dengan jelas di Delta Mekong. Hamparan ladang hijau yang subur dan dilintasi saluran air berwarna keperakan telah membantu mencegah kelaparan sejak Perang Vietnam berakhir pada tahun 1975. Beras tidak hanya menjadi makanan utama, tetapi juga dianggap sebagai anugerah dari para dewa.

Beras ini dibentuk menjadi mie dan lembaran dan difermentasi menjadi anggur. Di pasar yang ramai, para pengendara sepeda motor mengangkut karungan beras seberat 10 kilogram ke rumah mereka. Kapal tongkang mengangkut gunungan gabah ke atas dan ke bawah Sungai Mekong. Biji padi kemudian dikeringkan dan dikupas dengan mesin sebelum dikemas untuk dijual di pabrik-pabrik.

Van telah bekerja sama dengan salah satu eksportir beras terbesar di Vietnam, Loc Troi Group, selama dua tahun terakhir dan menggunakan metode irigasi yang berbeda yang dikenal sebagai pembasahan dan pengeringan alternatif, atau AWD. Metode ini membutuhkan lebih sedikit air daripada pertanian tradisional karena sawahnya tidak terus menerus terendam. Metode ini juga menghasilkan lebih sedikit metana.

Menggunakan drone untuk menyuburkan tanaman menghemat biaya tenaga kerja. Dengan guncangan iklim yang mendorong migrasi ke kota, Van mengaku lebih sulit untuk menemukan orang untuk bekerja di pertanian. Drone ini juga memastikan jumlah pupuk yang tepat digunakan. Terlalu banyak pupuk menyebabkan tanah melepaskan gas nitrogen yang memanaskan bumi.

Setelah tanaman dipanen, Van tidak lagi membakar tunggul padi - penyebab utama polusi udara di Vietnam dan negara-negara tetangganya, serta Thailand dan India. Sebagai gantinya, jerami padi dikumpulkan oleh Loc Troi Group untuk dijual ke perusahaan lain yang menggunakannya sebagai pakan ternak dan untuk menanam jamur jerami, yang merupakan tambahan yang populer untuk tumisan.

Van mendapatkan keuntungan dalam berbagai cara. Biayanya berkurang, sementara hasil pertaniannya tetap sama. Dengan menggunakan pupuk organik, ia dapat menjualnya ke pasar Eropa yang bersedia membayar lebih mahal untuk beras organik. Yang terbaik dari semuanya, ia punya waktu untuk merawat kebunnya sendiri.

"Saya menanam nangka dan kelapa," kata Van seperti dilansir AP, Selasa (30/4/2024).

CEO Loc Troi Group, Nguyen Duy Thuan, mengatakan bahwa metode-metode tersebut memungkinkan para petani untuk menggunakan 40 persen lebih sedikit benih padi dan 30 persen lebih sedikit air. Biaya untuk pestisida, pupuk dan tenaga kerja juga lebih rendah.

Thuan mengatakan bahwa Loc Troi, yang mengekspor ke lebih dari 40 negara termasuk di Eropa, Afrika, Amerika Serikat dan Jepang- bekerja sama dengan para petani untuk memperluas areal tanam dengan menggunakan metode ini dari 100 hektar saat ini menjadi 300 ribu hektar.

Hal ini masih jauh dari target Vietnam untuk menanam beras berkualitas tinggi dan rendah emisi di lahan pertanian seluas 1 juta hektar, yang luasnya lebih dari enam kali lipat luas kota London, pada tahun 2030. Para pejabat Vietnam memperkirakan bahwa hal itu akan mengurangi biaya produksi hingga seperlima dan meningkatkan keuntungan petani hingga lebih dari 600 juta dolar AS, menurut media pemerintah Vietnam News.

Vietnam menyadari sejak awal bahwa mereka harus menata ulang sektor perberasannya. Negara ini merupakan pengekspor beras terbesar, mengungguli India dan Thailand, yang menandatangani komitmen 2021 untuk mengurangi emisi metana pada konferensi iklim tahunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Glasgow, Skotlandia.

Delta Mekong, tempat 90 persen beras yang diekspor Vietnam dibudidayakan, merupakan salah satu wilayah di dunia yang paling rentan terhadap perubahan iklim. Laporan perubahan iklim PBB pada tahun 2022 memperingatkan akan adanya banjir yang lebih parah pada musim hujan dan kekeringan pada musim kemarau.

Sejumlah bendungan yang dibangun di hulu sungai di Cina dan Laos telah mengurangi aliran sungai dan jumlah sedimen yang terbawa ke hilir ke laut. Permukaan air laut meningkat dan membuat bagian hilir sungai menjadi asin. Dan tingkat pemompaan air tanah yang tidak berkelanjutan dan penambangan pasir untuk konstruksi telah menambah permasalahan yang ada.

Dalam pertemuan COP28 di Dubai tahun lalu, Presiden Bank Dunia, Ajay Banga, mengungkapkan bahwa mengubah bentuk pertanian padi yang telah berabad-abad lamanya itu memberlukan biaya besar. Meskipun metana merupakan penyebab pemanasan global yang lebih kuat daripada karbon dioksida, metana hanya menerima 2 persen dari pendanaan iklim.

“Memerangi emisi metana adalah satu hal yang langka dan jelas, di mana terdapat solusi berbiasaya rendah, efektif, dan dapat ditiru. Bank Dunia mendukung upaya Vietnam, dan juga telah mulai membantu pemerintah Indonesia untuk memperluas pertanian yang tahan iklim sebagai bagian dari lebih dari selusin proyek untuk mengurangi metana di seluruh dunia,” kata Banga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement