Rabu 24 Apr 2024 16:50 WIB

Ilmuwan Berupaya Lindungi Satwa Liar dari Kepunahan Akibat Perubahan Iklim

Sekitar satu juta spesies tanaman dan hewan terancam punah akibat perubahan iklim.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Pengunjung melihat koleksi satwa di Kebun Binatang (ilustrasi)
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Pengunjung melihat koleksi satwa di Kebun Binatang (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mulai dari udara hingga tanah yang sehat, kelangsungan hidup dan kemakmuran manusia sangat bergantung pada keanekaragaman tumbuhan serta hewan. Sebuah laporan PBB tahun 2019 menemukan bahwa sekitar 1 juta spesies tanaman dan hewan terancam punah di seluruh dunia.

Dilansir dari CBSNews, Rabu (24/4/2024), penelitian terbaru bahkan menemukan bahwa perubahan iklim dapat menyebabkan kepunahan hingga 6 juta spesies dalam 50 tahun ke depan, termasuk di berbagai komunitas di Amerika Serikat.

Baca Juga

Planet yang memanas dan pembangunan yang tidak terkendali telah menyebabkan penurunan populasi spesies secara signifikan. Bahkan untuk beberapa spesies, inovasi apapun dirasa terlambat untuk memulihkannya kembali. 

Bagi yang lain, ada cara-cara inovatif untuk membantu merehabilitasi spesies yang hancur akibat perubahan iklim. Para ilmuwan menggunakan berbagai cara untuk melindungi spesies dengan cara yang kreatif dan unik serta mengantisipasi perubahan di masa depan.

Di Bisbee, Arizona, seorang ilmuwan yang telah menghabiskan karirnya mempelajari biologi evolusioner dan ekologi sedang melacak populasi kadal berusia 3 juta tahun yang sekarat pada salah satu tingkat kematian tercepat yang pernah tercatat.

Kelompok ilmuwan lain berusaha menyelamatkan burung beo Puerto Rico, salah satu burung yang paling terancam punah di dunia, karena badai yang lebih merusak membahayakan ekosistem burung beo.

Undang-Undang Spesies Terancam Punah AS (Endangered Species Act) yang ditetapkan pada tahun 1973 telah memberikan perlindungan federal bagi satwa liar yang terancam punah. Badan utama yang bertanggung jawab untuk melaksanakan undang-undang ini, US Fish and Wildlife Service, mendaftarkan hampir 1.700 spesies yang terancam punah atau terancam punah per 1 April. Hampir 1.400 spesies dalam daftar tersebut memiliki rencana pemulihan yang aktif. Spesies baru ditambahkan setiap tahun. 

Sebuah studi tahun 2019 memperkirakan bahwa Undang-Undang Spesies Terancam Punah telah mencegah kepunahan hampir 300 spesies sejak disahkan. 

Namun, tidak semua spesies yang terancam punah dimasukkan ke dalam daftar. Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa biasanya, spesies menunggu 12 tahun untuk menerima perlindungan, dibandingkan spesies yang ditinjau antara tahun 1973 dan 2014. Tenggat waktu yang tercantum dalam undang-undang menyatakan bahwa proses ini seharusnya hanya membutuhkan waktu dua tahun jika diprakarsai oleh pihak ketiga. 

Namun, hampir setiap wilayah di AS memiliki setidaknya satu spesies yang terancam punah dari planet ini. Di seluruh negara bagian AS, Hawaii memiliki jumlah spesies terbanyak yang terdaftar sebagai spesies yang terancam punah atau terancam punah oleh US Fish and Wildlife Service, diperkirakan hampir 500 spesies. Jumlah ini sebagian besar didorong oleh tanaman berbunga, termasuk bunga ikonik negara bagian ini, ma'o hau hele, atau bunga kembang sepatu.

California memiliki jumlah tertinggi kedua yang terdaftar, dengan hampir 300 spesies yang terancam punah atau terancam punah. Termasuk di dalamnya adalah Rubah Kit San Joaquin dan kupu-kupu Lange’s metalmark. Seperti Hawaii, jumlah yang tinggi didorong oleh sekitar 170 spesies tanaman berbunga. Jumlah yang lebih tinggi terdapat di wilayah pesisir, tengah dan Selatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement