Rabu 01 May 2024 17:44 WIB

AS Tetapkan Panduan untuk Subsidi Bahan Bakar Penerbangan dari Etanol  

Panduan ini memungkinkan etanol berbasis jagung memenuhi program subsidi.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Friska Yolandha
Petugas mengisi bahan bakar avtur ke pesawat (ilustrasi). Pemerintah AS merilis panduan mengenai program subsidi bahan bakar penerbangan berkelanjutan.
Foto:

Pengakuan terhadap praktik pertanian cerdas-iklim dalam program subsidi ini akan berlaku efektif untuk bahan bakar yang diproduksi pada tahun 2023 dan 2024, dan setelah itu dapat disesuaikan atau diperluas, ujar para pejabat.

Subsidi SAF berjumlah 1,25 dolar AS per galon untuk bahan bakar yang mencapai ambang batas pengurangan emisi 50 persen, dan hingga 1,75 dolar AS per galon untuk bahan bakar yang melebihi ambang batas tersebut.

Rencana tersebut didasarkan pada pembaruan model iklim GREET yang mencakup emisi siklus hidup etanol dan bahan bakar nabati lainnya dalam berbagai situasi dan termasuk dampak iklim dari perubahan penggunaan lahan terkait.

Kelompok industri Renewable Fuels Association mengatakan bahwa mereka merasa senang dengan pengumuman tersebut.

"Namun, RFA percaya bahwa lebih sedikit resep tentang praktik-praktik pertanian, lebih banyak fleksibilitas, dan teknologi serta praktik-praktik rendah karbon tambahan harus ditambahkan ke dalam kerangka kerja pemodelan untuk lebih mencerminkan inovasi yang terjadi di seluruh rantai pasokan," ujar presiden dan CEO RFA, Geoff Cooper.

Beberapa kelompok lingkungan dan peneliti khawatir bahwa strategi SAF tidak akan memberikan manfaat iklim yang dijanjikan, sebagian karena ketidakpastian ilmiah tentang manfaat teknik pertanian tanpa olah tanah atau pertanian tanaman penutup tanah dan volume bahan bakar yang dibutuhkan.

"Intinya adalah untuk mendekarbonisasi penerbangan, maskapai penerbangan AS membutuhkan volume bahan bakar alternatif yang tidak dapat dipenuhi oleh biomassa berkelanjutan saja," ujar Mark Brownstein, wakil presiden senior transisi energi di Environmental Defense Fund.

 

Bill Hohenstein, direktur Kantor Kebijakan Energi dan Lingkungan USDA, mengatakan bahwa pemerintah yakin dengan rencana tersebut. "Kami memiliki data, analisis, informasi, dan pemodelan yang kuat yang semuanya mendukung kesimpulan bahwa praktik-praktik ini memang memiliki manfaat bagi gas rumah kaca," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement