Kamis 23 May 2024 19:17 WIB

Tingkat Mikroplastik di Antartika Semakin Memburuk

Para peneliti masih mencoba mencari tahu dari mana asal plastik tersebut.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Seekor anjing laut bersandar santai di atas es di Antartika. Laut Weddell sudah lebih terkontaminasi mikroplastik daripada yang diperkirakan sebelumnya.
Foto:

Kemungkinan sumbernya mencakup lalu lintas kapal regional dari industri pariwisata, perikanan dan penelitian, serta stasiun penelitian di darat. Mikroplastik juga mungkin berpindah ke Antartika dari wilayah lain melalui arus laut atau transportasi atmosfer.

Leistenschneider berencana untuk fokus menganalisis sampel sedimen yang dia kumpulkan selama ekspedisi yang sama. Hal ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang bagaimana mikroplastik terakumulasi di dasar laut, yang merupakan rumah bagi organisme unik dan sensitif serta merupakan tempat berkembang biaknya ikan es Antartika (Bovichtidae).

 

Para ilmuwan mengatakan bahwa mikroplastik dapat menimbulkan dampak yang belum diketahui terhadap ekosistem di Antartika, dan bahkan dapat meningkatkan dampak pemanasan global. Mikroplastik berwarna gelap di padang salju dan gletser dapat menyerap sinar matahari dan meningkatkan pemanasan, sehingga mempercepat pemanasan global.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement