Jumat 31 May 2024 12:50 WIB

8 Daerah Terpanas di India Saat Ini, Ada yang Suhunya 52 Derajat Celcius  

Kawasan Mungeshpur di Ibu Kota New Delhi mencatatkan suhu 52,3 derajat Celcius.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Gita Amanda
Seorang pria berjalan melewati monumen Gerbang India pada hari musim panas di New Delhi, India, Senin, 27 Mei 2024.
Foto: AP Photo/Manish Swarup
Seorang pria berjalan melewati monumen Gerbang India pada hari musim panas di New Delhi, India, Senin, 27 Mei 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- India saat ini sedang dilanda gelombang panas yang memecahkan rekor. Kawasan Mungeshpur di Ibu Kota New Delhi bahkan mencatatkan suhu 52,3 derajat Celcius yang tak tertahankan, dan menjadi suhu tertinggi yang pernah tercatat di India.

Kondisi panas terik ini meluas ke seluruh negeri, di mana beberapa wilayah lain juga mengalami suhu panas yang luar biasa. Berikut delapan daerah terpanas di India saat ini, seperti dilansir Times of India, Jumat (31/5/2024).

Baca Juga

1. Mungeshpur, Delhi (52,3 derajat Celcius)

Mungeshpur di Delhi memecahkan semua rekor pada tanggal 29 Mei 2024. Wilayah yang berada di Delhi ini mencatatkan suhu 52,3 derajat Celcius, menjadi kawasan terpanas di India saat ini.

 

2. Phalodi, Rajasthan (51 derajat Celcius)

Sebelum Mungeshpur, Phalodi di Rajasthan memegang rekor sebagai daerah terpanas di India dengan suhu 51 derajat Celcius. Daerah ini mengalami suhu yang sangat panas selama musim panas.

3. Sirsa, Haryana (50,3 derajat Celcius)

Sirsa di Haryana adalah tempat terpanas lainnya di India akhir-akhir ini. Suhu di sini mencapai 50,3 derajat Celcius, membuat orang-orang kepanasan di bawah teriknya matahari.

4. Gwalior, Madhya Pradesh (48 derajat Celcius)

Gwalior di Madhya Pradesh mencatatkan suhu 48 derajat Celcius pada 29 Mei 2024. Gelombang panas yang tak kunjung reda telah mencengkeram wilayah ini, mendorong para penduduk untuk mencari perlindungan dari kondisi panas terik.

5. Narela, Delhi (47,9 derajat Celcius)

Narela adalah wilayah lain di Delhi yang mengalami gelombang panas yang intens. Daerah ini mencatat suhu yang mencapai puncaknya pada 47,9 derajat Celcius, menjadikannya salah satu tempat terpanas di Delhi.

6. Rohtak, Haryana (47,7 derajat Celcius)

Rohtak di Haryana juga terbakar di bawah tingkat merkuri yang tinggi, dengan suhu yang melonjak hingga 47,7 derajat Celcius. Hal ini telah menciptakan sebuah kondisi yang menantang bagi semua orang yang tinggal di Rohtak.

7. Churu, Rajasthan (47,4 derajat Celcius)

Churu merupakan salah satu daerah terpanas di India dan di dunia. Tempat ini dikenal dengan kondisi cuaca yang ekstrim dan suhu yang tercatat mencapai 47,4 derajat Celcius.

8. Bikaner, Rajasthan (47 derajat Celcius)

Tempat terpanas lainnya di India saat ini adalah Bikaner di Rajasthan. Tempat yang terkenal dengan lanskap gurun ini mengalami suhu yang menusuk kulit hingga 47 derajat Celcius.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement