Sabtu 01 Jun 2024 13:59 WIB

Studi: Gelombang Panas Tingkatkan Risiko Kelahiran Prematur  

Mereka yang berada dalam kelompok ekonomi rendah berisiko melahirkan prematur.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Friska Yolandha
Staf medis merawat bayi yang lahir prematur (ilustrasi). Gelombang panas meningkatkan angka kelahiran prematur.
Foto: AP Photo/Hatem Ali
Staf medis merawat bayi yang lahir prematur (ilustrasi). Gelombang panas meningkatkan angka kelahiran prematur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gelombang panas meningkatkan angka kelahiran prematur, yang dapat menyebabkan hasil kesehatan yang lebih buruk bagi bayi dan berdampak pada kesehatan jangka panjang mereka. Hal ini merujuk pada studi baru dari para peneliti di University of Nevada.

Ibu berkulit hitam dan Hispanik (memiliki latar belakang Spanyol), serta mereka yang berada dalam kelompok sosial ekonomi rendah, sangat berisiko melahirkan lebih awal setelah gelombang panas.

Baca Juga

Peristiwa panas ekstrem terjadi lebih sering, berlangsung lebih lama, dan intensitasnya meningkat akibat krisis iklim. Tahun lalu, suhu udara memecahkan rekor, dengan Juli 2023 menjadi hari terpanas yang pernah tercatat selama empat hari berturut-turut di seluruh dunia.

Selain itu, perempuan hamil termasuk yang paling rentan terhadap stres akibat panas dan lebih mungkin mengalami serangan panas dan kelelahan akibat panas, menurut CDC. Hal ini dapat berdampak buruk pada bayi yang dikandungnya.

 

“Temuan ini menunjukkan bahwa ada populasi yang tidak dapat menghindari panas dan mengalami efek yang jauh lebih besar,” kata Lyndsey Darrow, penulis studi dan profesor epidemiologi di University of Nevada seperti dilansir The Guardian, Sabtu (1/6/2024).

Para peneliti mengamati 53 juta kelahiran yang terjadi antara tahun 1993 dan 2017 di 50 wilayah metropolitan Amerika Serikat. Setelah empat hari dengan suhu panas yang tinggi secara berturut-turut, para ilmuwan menemukan bahwa ada kemungkinan 2 persen lebih tinggi untuk kelahiran prematur dan 1 persen lebih tinggi untuk kelahiran prematur.

“Responsnya lebih tinggi pada subkelompok yang kurang memiliki akses ke pendingin ruangan, dan kurang memiliki kemampuan untuk menghindari panas,” kata Darrow.

Kelahiran prematur adalah penyebab utama kematian di antara bayi, dan dikaitkan dengan berbagai hasil pernapasan dan perkembangan saraf selama masa hidup anak. Panas dapat memicu kontraksi dini melalui pelepasan hormon pemicu persalinan, berkurangnya aliran darah dan dehidrasi, yang dapat memicu persalinan dini.

Penelitian yang terus berkembang menunjukkan bahwa saran yang terarah untuk mengelola stres akibat panas sangat penting bagi pasien hamil. Sebuah penelitian pada tahun 2022 menemukan bahwa panduan saat ini tentang paparan panas di antara orang hamil masih jarang dan tidak konsisten.

“Dalam kehamilan, kita cenderung lebih berhati-hati,” kata Nathaniel DeNicola, seorang spesialis OB-GYN yang menulis laporan tahun 2020 tentang polusi udara dan kelahiran prematur.

“Jadi perlu ada konseling tambahan di klinik dan materi umum tentang cara-cara untuk melindungi dari dehidrasi dan stres panas selama masa panas ekstrem, yang semakin sering terjadi,” tambah dia.

Gumanti Awaliyah

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement