Jumat 26 Jul 2024 09:00 WIB

Indonesia Dorong ASEAN Manfaatkan Potensi Ekonomi Biru

Potensi ekonomi biru kawasan Asia Tenggara sangat besar.

Sejumlah pekerja memanen udang vaname di lokasi Budidaya Udang Berbasis Kawasan (BUBK) Kebumen, Jawa Tengah, Senin (26/6/ 2023).
Foto: ANTARA FOTO/Idhad Zaakaria
Sejumlah pekerja memanen udang vaname di lokasi Budidaya Udang Berbasis Kawasan (BUBK) Kebumen, Jawa Tengah, Senin (26/6/ 2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia mendorong negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN) untuk memaksimalkan potensi ekonomi biru. Ajakan ini disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam sesi pleno pertemuan ke-57 Menteri Luar Negeri se-ASEAN (AMM ke-57) di Vientiane, Laos, Kamis (26/7/2024).

Retno pun menegaskan pentingnya kesinambungan dalam pengembangan ekonomi biru di kawasan demi memastikan keuntungan sebesar-besarnya dari sektor tersebut dapat dinikmati oleh negara-negara ASEAN. Retno menyatakan bahwa potensi ekonomi biru kawasan Asia Tenggara sangat besar, bahkan mencapai 20 persen dari PDB se-ASEAN.

Baca Juga

Data itu menunjukkan bahwa ASEAN tak boleh menyia-nyiakan potensi ekonomi biru dan harus memperkuat kolaborasi antara pemangku kepentingan. “Karena itu, tahun lalu, pada saat keketuaan Indonesia, telah disepakati ASEAN Blue Economy Framework,” ucap Retno, seperti dikutip dalam pernyataan Kementerian Luar Negeri RI. 

Sebagai tindak lanjut dari kerangka ekonomi tersebut, Indonesia dan Laos menginisiasi pembentukan Satuan Tugas Ekonomi Biru ASEAN sebagai mekanisme lintas pilar organisasi untuk pengembangannya.

Satgas tersebut, katanya, bertujuan memberikan panduan strategis dalam memanfaatkan potensi ekonomi biru ASEAN sebagai mesin pertumbuhan ekonomi baru yang berkelanjutan. Menlu RI dalam sesi pleno AMM juga menegaskan pentingnya komitmen yang berkesinambungan dalam aspek pengembangan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP), termasuk melalui kerja sama yang lebih konkret.

AOIP pun akan menjadi panduan bagi mewujudkan visi bersama menjadikan ASEAN sebagai motor bagi stabilitas dan perdamaian kawasan, termasuk di Indo-Pasifik. 

Sementara itu, di sela-sela AMM ke-57, Retno juga melakukan tiga pertemuan bilateral, yaitu dengan Sekretaris Jenderal ASEAN Kao Kim Hourn, Menlu Rusia Sergei Lavrov, dan Menlu Inggris David Lammy yang baru dilantik.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement