Senin 29 Jul 2024 16:20 WIB

Sungai Seine Masih Tercemar, Sesi Latihan Triathlon Olimpiade Ditunda

Prancis telah menginvestasikan 1,4 miliar euro untuk membersihkan Sungai Seine.

Rep: Mgrol152/ Red: Satria K Yudha
Kontingen Indonesia mengikuti defile dengan menaiki kapal menyusuri Sungai Seine saat pembukaan Olimpiade Paris 2024 di Paris, Prancis, Jumat (26/7/2024).
Foto: Clive Brunskill/Pool via REUTERS
Kontingen Indonesia mengikuti defile dengan menaiki kapal menyusuri Sungai Seine saat pembukaan Olimpiade Paris 2024 di Paris, Prancis, Jumat (26/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Sesi latihan triathlon Olimpiade Paris 2024 yang sedianya digelar pada Ahad (28/7/2024) ditunda karena tingkat pencemaran di Sungai Seine mengalami peningkatan. Keputusan penundaan dilakukan setelah dilakukan tes dan pertemuan untuk membahas kualitas air Sungai Seine.

Sungai Seine dinyatakan cukup bersih untuk berenang dalam tes yang dilakukan pada pertengahan Juli, namun masih ada keraguan apakah airnya layak untuk kompetisi.

Baca Juga

“Paris 2024 dan World Triathlon menegaskan kembali bahwa prioritasnya adalah kesehatan para atlet. Analisis yang dilakukan kemarin di Sungai Seine menunjukkan tingkat kualitas air yang tidak memberikan jaminan yang cukup untuk memungkinkan acara tersebut berlangsung,” demikian pernyataan panitia Olimpiade 2024 dan World Triathlon.

Seperti dikutip dari laman RFI, kualitas Sungai Seine yang akan digunakan untuk triathlon dan renang maraton bergantung pada jumlah hujan yang turun di Paris dan sekitarnya. Hujan deras seperti yang terjadi pada Jumat saat upacara pembukaan membanjiri sistem pembuangan limbah kota. Hal itu menyebabkan pembuangan limbah yang tidak diolah ke saluran air.

“Kami tidak terlalu khawatir. Ramalan cuaca menunjukkan bahwa secara teori hujan tidak akan turun lagi," kata ketua penyelenggara Tony Estanguet kepada wartawan.

Triathlon akan berlangsung pada 30-31 Juli dan 5 Agustus, diikuti dengan renang di perairan terbuka pada 8-9 Agustus. Karena musim semi yang sangat basah dan awal musim panas, Sungai Seine secara konsisten gagal dalam tes air hingga awal Juli. Tingkat bakteri E.coli, indikator kotoran, terkadang 10 kali lebih tinggi dari batas yang diizinkan.

Penyelenggara dapat menunda acara renang di luar ruangan selama beberapa hari jika terjadi hujan. Sebagai upaya terakhir, mereka mengatakan akan membatalkan lomba renang triathlon dan memindahkan lomba renang maraton ke Vaires-sur-Marne, di Sungai Marne di sebelah timur Paris.

Pemerintah Prancis telah menginvestasikan 1,4 miliar euro selama satu dekade terakhir untuk membersihkan Sungai Seine. Otoritas Prancis telah berinvestasi dalam fasilitas pengolahan dan penyimpanan air baru di dalam dan sekitar Paris, serta memastikan bahwa ribuan rumah dan perahu kanal yang tidak memiliki sambungan air limbah terhubung ke sistem pembuangan limbah.

Wali Kota Paris Anne Hidalgo, Ketua Penyelenggara Olimpiade Paris 2024 Tony Estanguet dan Menteri Olahraga Prancis Amelie Oudea-Castera termasuk di antara para pejabat yang berenang di Sungai Seine dalam beberapa pekan terakhir untuk membuktikan bahwa sungai ini dapat digunakan untuk berenang.

Hidalgo berencana untuk membuat tiga area pemandian umum di Sungai Seine untuk penduduk kota tahun depan, setelah seabad ada larangan berenang di sungai tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement