Selasa 10 Sep 2024 14:13 WIB

Gelombang Panas Picu Kebakaran Hutan di AS, Puluhan Ribu Orang Mengungsi

Gubernur Nevada mengumumkan keadaan darurat.

 Kebakaran hutan dan lahan di Trabuco Canyon, Calif, Califonia, Senin (9/9/2024).
Foto: Jeff Gritchen/The Orange County Register via
Kebakaran hutan dan lahan di Trabuco Canyon, Calif, Califonia, Senin (9/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, NEVADA -- Gelombang panas berbahaya yang melanda wilayah barat daya Amerika Serikat (AS) telah memicu lonjakan kebakaran hutan, terutama di Negara Bagian California dan Nevada. Fenomena itu memaksa puluhan ribu penduduk mengungsi dari rumah mereka sementara petugas pemadam kebakaran berjuang untuk mengendalikan api.

Gubernur Nevada Joe Lombardo mengumumkan keadaan darurat pada Ahad (8/9/2024) akibat kebakaran di Davis yang menyebar dengan cepat, di bagian selatan Reno. Sekitar 20 ribu orang juga telah dievakuasi karena kebakaran terus meluas. "Badan-badan negara bekerja keras untuk mendukung mitra lokal dalam upaya kami menangani dan memadamkan kebakaran ini bersama-sama," ujar Lombardo di X.

Sementara itu, di California, Gubernur Gavin Newsom mengeluarkan deklarasi darurat pada Sabtu (7/9) untuk Kabupaten San Bernardino, di mana kebakaran di Line yang belum terkendali mengancam lebih dari 11.000 penduduk. Pusat Pemadam Kebakaran Nasional melaporkan bahwa saat ini ada tujuh kebakaran besar di seluruh negara bagian, dengan kebakaran di Line saja telah menghanguskan hampir 17.500 hektar lahan dan mengancam 35 ribu bangunan.

Petugas pemadam kebakaran di Kabupaten San Bernardino menghadapi tantangan tambahan berupa peringatan panas berlebih yang berlaku hingga Senin (9/9) malam, seperti yang dikeluarkan oleh Badan Cuaca Nasional AS. Suhu yang ekstrem memperumit upaya pemadaman kebakaran dan perlindungan rumah-rumah.

Evakuasi juga telah dilakukan di Hutan Nasional Angeles, di mana kebakaran lain telah meluas dengan cepat hingga seluas 800 hektar tanpa ada tanda-tanda berhasil dikendalikan, menurut Axios. Gelombang panas ini menciptakan kondisi berbahaya di banyak wilayah, karena suhu ekstrem mempercepat penyebaran kebakaran.

Lebih ke utara di Kabupaten Lake, kebakaran Boyles di Clearlake telah memaksa 4.000 penduduk mengungsi dan menghancurkan beberapa bangunan, termasuk 30 rumah dan kendaraan. Hingga Minggu, kebakaran tersebut baru 10 persen berhasil dikendalikan.

Di Nevada, kebakaran di Davis terus meluas, menghanguskan 6.500 hektare dan mengancam bangunan-bangunan. Beberapa penduduk kehilangan pasokan listrik, dan beberapa jalan telah ditutup.

Kerusakan properti yang signifikan dilaporkan saat tim pemadam kebakaran berusaha memperlambat penyebaran api. Kebakaran besar lainnya juga terjadi di Idaho, Oregon, dan Wyomin. Cuaca ekstrem terus menghambat upaya pemadaman api. 

sumber : Anadolu-OANA/Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement