Jumat 18 Oct 2024 15:00 WIB

Bola-Bola Hitam Misterius Paksa Australia Tutup Pantai di Sydney

Bola ini diduga bola tar dari gumpalan minyak dan puing-puing.

Rep: Lintar Satria / Red: Satria K Yudha
Pekerja dengan pakaian pelindung membersihkan puing-puing misterius yang terdampar di Pantai Coogee, Sydney, Australia, Kamis (17/10/2024).
Foto: AAP Image/Dan Himbrechts via REUTERS
Pekerja dengan pakaian pelindung membersihkan puing-puing misterius yang terdampar di Pantai Coogee, Sydney, Australia, Kamis (17/10/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Australia menutup sejumlah pantai di Kota Sydney, termasuk pantai populer Bondi. Langkah ini diambil setelah ratusan bola hitam yang diduga beracun terdampar di pantai-pantai itu.

Pemerintah daerah pinggir timur Sydney, Waverley Council mengatakan mereka menutup pantai Bondi, Bronte, dan Tamarama sebagai bentuk tindak pencegahan. Adapun Randwick Council menutup empat pantai lainnya di selatan. Pantai Bondi dan Maroubra di selatan sudah dibuka kembali.

"Kesejahteraan komunitas kami yang terpenting, itulah mengapa Council mengambil tindakan pencegahan untuk menutup pantai-pantai kami," kata Walikota Waverley Will Namesh di pertanyaannya, Kamis (17/10/2024).

Pemeriksaan awal yang dilakukan Randwick Council menemukan bola-bola hitam itu merupakan "bola tar" gumpalan minyak dan puing-puing. "Terdapat begitu banyak polutan di atmosfer, sehingga begitu banyak polutan di kapal-kapal, begitu banyak polutan, plastik, yang akan sampai ke pantai kita, sayangnya seperti yang terjadi di seluruh dunia," kata warga pantai Coogee di Randwick yang juga ditutup, Monica O'Connell.

Otoritas Perlindungan Lingkungan negara bagian New South Wales mengatakan mereka sedang melakukan pengujian. Mereka juga menyarankan agar warga tidak berenang di dekat atau menyentuh bola-bola tersebut.

Sydney memiliki lebih dari 100 pantai di pesisir dan di sepanjang tepi lautnya yang terkenal di seluruh dunia. Pantai-pantai di Sydney menarik jutaan turis dan penduduk setempat setiap tahunnya.

Sebelumnya dilaporkan muncul ratusan bola hitam misterius yang mirip tar di dua pantai populer di Sydney. Bola-bola misterius ini memaksa penjaga pantai menutup pantai-pantai tersebut dari para perenang.

Seorang pejabat setempat mengatakan puing-puing misterius berwarna hitam dan berbentuk bola itu mulai bermunculan di Pantai Coogee di daerah Randwick pada Selasa (15/10/2024) sore. Pihak berwenang Australia kebingungan dan berusaha keras untuk mencari tahu benda-benda tersebut dan dari mana asalnya. Ratusan bola seukuran bola golf dan bola bisbol terlihat mengotori pantai, yang biasanya dipadati warga Sydney dan turis. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement