Selasa 10 Oct 2023 15:47 WIB

10 Tempat Terpanas di Dunia Sepanjang 2023, Nomor 1 Suhunya Bikin Ngeri

Rekor tempat dengan suhu terpanas dipecahkan belahan bumi bagian Utara.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Suasana Death Valley National Park, California, Amerika Serikat.
Foto:

6. Dallol, Ethiopia

Tempat ini pernah memegang rekor sebagai tempat terpanas yang dihuni di Bumi berdasarkan suhu tahunan rata-rata dari 1960-1966 sebesar 34,4 derajat celcius.

 

7. Assab, Eritrea

Assab menduduki peringkat sebagai kota terpanas di planet ini jika menggabungkan suhu rata-rata tahunan siang dan malam hari. Pada bulan Juli dan Agustus, warga di sana akan tidur dengan suhu 30 derajat celcius bahkan pada pukul 3 pagi. Keringat kemungkinan besar menjadi satu-satunya curah hujan yang turun.

Assab biasanya hanya mengalami tiga hari hujan per tahun. Pantai adalah daya tarik utama bagi para wisatawan, meskipun Eritrea dan Ethiopia sering terlibat konflik di sepanjang perbatasan mereka.

 

8. Khartoum, Sudan

Ibu kota Sudan yang besar dan mentereng ini dekat dengan kota terpanas di dunia, yaitu Ahvaz di Iran, dengan suhu rata-rata 32,8 derajat celcius. Dari April hingga Juni, termometer berulang kali melaporkan suhu 40 derajat celcius atau lebih. Adapun bulan terdinginnya, Januari, masih lebih panas daripada bulan-bulan lainnya di Inggris.

 

9. Kota Kuwait, Kuwait

Dari Mei hingga September, setiap bulannya suhu udara selalu mencapai di atas 46 derajat Celcius. Bahkan pada tahun 2021, suhu udara mencapai 50 derajat Celcius. Daerah-daerah lain di Teluk juga mengalami hal yang sama, dengan sudut sinar matahari yang tepat yang menyinari dianggap sebagai penyebabnya.

 

10. Flaming Mountain, China

Ini merupakan area perbukitan batu pasir merah yang terkikis. Terletak di Pegunungan Shan, Xinjiang, China, suhu di Flaming Mountain bisa mencapai 50 derajat celcius atau lebih selama musim panas, namun akan sangat dingin pada musim dingin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement