Selasa 24 Oct 2023 19:05 WIB

Perubahan Iklim, Warna Butiran Salju akan Lebih Putih dan Cerah

Salju yang lebih putih menjadi bentuk reflektif imbangi dampak buruk krisis iklim.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Warna salju yang menjadi lebih putih dan cerah menjadi bentuk reflektif untuk mengimbangi dampak buruk dari perubahan iklim, dan memperlambat laju pencairan lapisan salju.
Foto: AP Photo/Malin Moberg
Warna salju yang menjadi lebih putih dan cerah menjadi bentuk reflektif untuk mengimbangi dampak buruk dari perubahan iklim, dan memperlambat laju pencairan lapisan salju.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dunia yang menghangat dengan cepat kehilangan banyak tanda musim dingin. Puncak-puncak gunung yang tadinya bersalju kini tidak lagi membeku, gletser-gletser mulai menghilang, dan es laut di kutub mencair dengan kecepatan yang mengerikan. Namun, penelitian baru menguraikan sedikit alasan untuk optimisme.

Para ilmuwan memproyeksikan bahwa meskipun perubahan iklim akan membuat dunia menjadi lebih panas, salju justru akan menjadi lebih cerah dan lebih putih. Salju yang lebih reflektif ini dapat membantu mengimbangi beberapa dampak buruk dari krisis iklim dan memperlambat laju pencairan lapisan salju.

Baca Juga

Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Nature menemukan bahwa salju kemungkinan akan menjadi lebih bersih dan lebih terang pada akhir abad ini, karena menurunnya tingkat polusi karbon hitam. Suhu yang lebih hangat akan berkontribusi pada tingkat pencairan salju yang lebih tinggi, tetapi salju yang lebih bersih dan cerah akan memantulkan sinar matahari menjauh dari suatu area - mengirimkan panas kembali ke ruang angkasa alih-alih menyerapnya.

Untuk penelitian ini, para ilmuwan dari Laboratorium Nasional Pasifik Barat Laut dari Department of Energy AS, mengamati berbagai faktor yang memengaruhi tumpukan salju, termasuk peningkatan suhu global, polusi, dan bentuk butiran salju. Mereka mempelajari tren tumpukan salju di pegunungan tinggi di Belahan Bumi Utara dari tahun 1995 hingga 2014.

Dengan menggunakan data tersebut, para peneliti kemudian membuat model tren lapisan salju untuk dua skenario emisi yang berbeda di pegunungan di AS bagian Barat dan Dataran Tinggi Tibet dari tahun 2015 hingga 2100. Dalam skenario dengan tidak mengurangi konsumsi bahan bakar fosil, dunia akan menjadi lebih panas dan kehilangan lapisan salju akan meningkat hingga 58 persen dibandingkan saat ini.

“Namun, salju yang lebih bersih akan mengurangi tingkat kehilangan salju sekitar 8 persen,” kata saintis sekaligus peneliti studi, Ruby Leung, seperti dilansir Gizmodo, Selasa (24/10/2023).

Dalam skenario optimis, di mana kita dapat mengendalikan emisi, pemanasan global akan berkurang dan tumpukan salju akan bertambah. Dalam skenario tersebut, para peneliti memperkirakan hilangnya lapisan salju sekitar 15 persen dibandingkan dengan tingkat saat ini.

Dalam kedua skenario tersebut, polusi partikel yang dikenal sebagai karbon hitam diperkirakan akan berkurang. Bentuk polusi ini sering kali berasal dari sumber energi bahan bakar fosil, termasuk mesin bertenaga gas dan pembangkit listrik tenaga batu bara, menurut Badan Perlindungan Lingkungan AS. Dengan berkurangnya partikel hitam yang jatuh ke tanah, salju akan menjadi lebih bersih dan lebih cerah daripada saat ini pada akhir abad ini.

"Salju bukan hanya sekadar salju. Ada salju yang bersih dan ada salju yang kotor, dan bagaimana mereka merespons sinar matahari sangat berbeda,” kata Dalei Hao, salah seorang peneliti studi.

Partikel polusi mengendap di atas tumpukan salju, membuatnya lebih gelap. Salju yang lebih gelap menyerap sinar matahari, yang membuat salju mencair lebih cepat. Salju yang lebih bersih-putih dan memantulkan sinar matahari kembali ke angkasa, membantu mengatur suhu serta mempertahankan lapisan salju lebih lama selama musim dingin.

Salju yang bersih juga penting bagi banyak orang yang mengandalkan pencairan salju untuk mengisi saluran air yang memasok air minum. Masyarakat di Barat, termasuk di California, bergantung pada tumpukan salju yang melimpah untuk memastikan bahwa waduk memiliki cukup air untuk memenuhi kebutuhan rumah, industri, dan kehidupan liar.

Para penulis studi menunjukkan bahwa meskipun udara secara keseluruhan lebih bersih, polusi dari asap kebakaran hutan terus meningkat. Krisis iklim telah menciptakan kondisi yang memperburuk kebakaran hutan yang terjadi secara alami, yang berarti lebih banyak partikel di udara dari kebakaran di atmosfer kita.

Kebakaran hutan di Kanada pada musim panas ini menciptakan polusi udara yang memecahkan rekor yang menyebar jauh ke seluruh benua. Untungnya, kebakaran hutan yang besar tidak sering terjadi selama musim dingin di Belahan Bumi Utara.

"Ketidakpastian simulasi kebakaran hutan diperkirakan hanya akan berdampak kecil terhadap hasil penelitian kami, karena kami fokus pada musim salju dari bulan Desember hingga Mei ketika aktivitas kebakaran hutan lebih jarang terjadi," tulis tim peneliti.

Pemodelan pencairan salju adalah upaya yang sangat kompleks. Bentuk kepingan salju individu dalam tumpukan salju juga harus dipertimbangkan, karena bentuk butiran salju mempengaruhi tingkat pencairan secara keseluruhan. Keberadaan ganggang di salju juga dapat mempengaruhi pencairan, sehingga penelitian ini mencatat bahwa diperlukan lebih banyak pemodelan dan pengamatan untuk lebih memahami bagaimana hal ini dapat mengubah pencairan salju.

"Sebagian besar model belum melihat kedua efek ini, pemanasan dan salju kotor, secara bersamaan ketika memproyeksikan perubahan di masa depan. Hal ini penting untuk dilakukan, karena keduanya dapat memiliki efek yang berlawanan. Menentukan mana yang lebih dominan pengaruhnya adalah kunci untuk menentukan nasib lapisan salju di masa depan," kata Ruby Leung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement