Rabu 25 Oct 2023 17:10 WIB

8 Cara Mudah Memulai Gaya Hidup Berkelanjutan

Gaya hidup berkelanjutan bisa dimulai dari kehidupan sehari-hari.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Pohon (ilustrasi)
Foto:

5. Hemat energi di rumah

Mengurangi penggunaan listrik di rumah tidak hanya mengurangi emisi karbon, tetapi juga menghemat uang. Sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti PBS menemukan bahwa lebih dari 20 persen dari seluruh emisi di AS secara langsung disebabkan oleh konsumsi rumah tangga.

Jadi, mulailah mengidentifikasi cara-cara yang bisa dilakukan di rumah untuk mengurangi penggunaan energi dengan DIY Energy Audit. Kemudian, tetapkan beberapa tujuan yang dapat dikelola untuk diri sendiri, seperti mengurangi energi sebesar 10 persen selama setahun. Cara lain untuk menghemat energi termasuk mematikan lampu saat tidak berada di dalam ruangan, mencabut peralatan elektronik saat tidak digunakan, dan lainnya.

 

6. Hemat Air

Hanya tiga persen dari air di bumi yang merupakan air tawar, dan kurang dari satu persen yang aman untuk diminum, menurut US Bureau of Reclamation. Melestarikan sumber daya alam ini sangat penting tidak hanya untuk kesehatan manusia, hewan, dan tanaman, tetapi juga bermanfaat bagi lingkungan. Cara mudah untuk menghemat air di rumah termasuk mematikan keran air saat menyikat gigi atau mencuci piring.

 

7. Mengimbangi emisi karbon

Bepergian selalu menyenangkan, tetapi sebelum itu, pertimbangkan bagaimana pengaruhnya terhadap lingkungan. Jika Anda pergi ke alam bebas bersama teman-teman, cobalah untuk menumpang mobil jika memungkinkan, dan pilihlah tujuan yang dekat dengan rumah. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam program kredit karbon, yang mengimbangi emisi karbon individu.

 

8. Berinvestasilah pada produk yang berkelanjutan

Bahan kimia tertentu yang ditemukan dalam produk pembersih rumah tangga atau produk perawatan kulit dapat menimbulkan ancaman bagi lingkungan. Menurut Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA), bahan kimia tertentu dalam produk pembersih dapat merusak habitat air, seperti alkylphenol ethoxylates, yang dalam beberapa penelitian telah mempengaruhi reproduksi satwa liar.

Meskipun EPA mengatakan bahwa sebagian besar efeknya disebabkan oleh bahan kimia berbahaya dalam dosis tinggi, cara terbaik untuk menghilangkan bahan kimia ini di lingkungan adalah dengan tidak menggunakannya sama sekali. Sebagai gantinya, pilihlah produk pembersih, sabun mandi, dan deterjen yang ramah lingkungan atau berbahan dasar tumbuhan, atau buatlah sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement