Rabu 03 Jan 2024 18:55 WIB

Masuk 2024, Ubah Gaya Hidup Jadi Lebih Berkelanjutan, Ini Cara Memulainya

Perubahan gaya hidup berkelanjutan bisa dimulai dengan cara sederhana.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Menjadikan hidup di 2024 lebih berkelanjutan dan bertanggung jawab cukup mudah dilakukan.
Foto: www.freepik.com
Menjadikan hidup di 2024 lebih berkelanjutan dan bertanggung jawab cukup mudah dilakukan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun baru menjadi momentum terbaik untuk membuat resolusi dan memulai perubahan gaya hidup. People's Climate Vote, sebuah survei PBB tentang opini publik mengenai perubahan iklim, menyoroti bahwa masyarakat di seluruh dunia mengakui perubahan iklim sebagai keadaan darurat global dan setuju bahwa kita harus melakukan perubahan bersama.

Jika Anda ingin menjadikan hidup di tahun 2024 lebih berkelanjutan dan bertanggung jawab, berikut adalah beberapa perubahan yang bisa dilakukan dengan mudah dan terjangkau seperti dilansir Phys, Rabu (3/1/2024).

Baca Juga

1. Makan

Manusia membuang 1 miliar ton makanan setiap tahunnya. Sampah makanan sering kali menghasilkan metana, gas rumah kaca yang lebih kuat daripada karbon dioksida.

Tapi ada beberapa perubahan sederhana yang bisa dilakukan untuk makan dengan lebih ramah lingkungan. Hal ini termasuk mengonsumsi makanan lokal dan musiman, atau mengurangi makan daging dan lebih banyak makan tanaman, terutama kacang-kacangan dan sayuran. Kacang-kacangan tidak memerlukan pupuk nitrogen berkat kemampuannya mengubah nitrogen dari udara menjadi nutrisi.

Memulai untuk mengurangi konsumsi daging juga bisa menjadi awal yang baik. Selain itu, bisa juga Anda mengonsumsi daging yang dibuat di laboratorium dapat menjadi batu loncatan menuju gaya hidup yang lebih nabati, meskipun harganya relatif mahal.

 

2. Perjalanan

Memulai perjalanan ramah lingkungan bisa dengan memperbanyak jalan kaki dan bersepeda untuk jarak dekat. Selain membuat tubuh lebih bugar, hal tersebut juga tidak menghasilkan emisi karbon yang menyebabkan perubahan iklim. Cobalah mengganti satu atau dua kali perjalanan dengan mobil dalam sepekan dengan opsi perjalanan aktif tersebut.

Di daerah perkotaan seperti Jakarta, Anda juga bisa beralih ke transportasi umum untuk perjalanan ke kantor atau lainnya. Dibandingkan kendaraan pribadi, transportasi umum dapat menekan polusi udara secara signifikan.

Sementara untuk perjalanan yang lebih jauh, bepergian dengan kereta api atau bus lebih ramah lingkungan daripada dengan mobil pribadi dan pesawat. Namun, Anda harus merencanakannya jauh-jauh hari untuk mendapatkan tiket termurah.

 

3. Penggunaan energi

Energi yang kita gunakan di rumah menjadi merupakan penyumbang emisi gas rumah kaca yang signifikan. Melakukan perubahan kecil pada penggunaan energi harian dapat membuat perbedaan besar, baik pada tagihan maupun emisi rumah tangga.

Sebagian besar perubahan ini mudah dan nyaman. Aksi sederhananya, misalkan, dengan mematikan lampu dan AC saat meninggalkan ruangan, mempersingkat mandi, mencabut sambungan perangkat seperti microwave saat tidak digunakan dan pengisi daya saat perangkat terisi penuh, serta lainnya.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement