Senin 30 Oct 2023 21:06 WIB

Bantu Kurangi Dampak Perubahan Iklim, Coba Dimulai dengan Pakai 10 Produk Ini

Beragam produk ramah lingkungan bisa dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Untuk mengubah gaya hidup menjadi ramah lingkungan tidak harus membutuhkan gerakan besar.
Foto: www.freepik.com
Untuk mengubah gaya hidup menjadi ramah lingkungan tidak harus membutuhkan gerakan besar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di era kontemporer, kesadaran lingkungan bukan hanya sebuah tren, tetapi juga sebuah kebutuhan. Seiring dengan meningkatnya dampak perubahan iklim dan polusi, setiap langkah kecil menuju kehidupan yang berkelanjutan sangat berarti.

Untungnya, beralih ke gaya hidup yang lebih ramah lingkungan tidak selalu berarti membuat gerakan besar. Terkadang, perubahan kecil yang dilakukan setiap hari dapat membuat perbedaan besar. Berikut adalah 10 produk ramah lingkungan yang bisa dipakai dalam kehidupan sehari-hari, seperti dilansir Moss and Fog, Senin (30/10/2023).

Baca Juga

1. Tas belanja yang dapat digunakan kembali

Kantong plastik sekali pakai terkenal mengotori lanskap, membahayakan satwa liar, dan membutuhkan waktu berabad-abad untuk terurai. Alternatif yang lebih ramah lingkungan adalah dengan menggunakan tas belanja yang dapat digunakan kembali, biasanya terbuat dari kain atau bahan yang mudah terurai.

 

2. Sedotan stainless steel

Sedotan stainless steel lebih bisa tahan lama, tahan karat, dan mudah dicuci. Ditambah lagi, sedotan ini dilengkapi dengan sikat dan kantong pembersihnya sendiri untuk digunakan saat bepergian. Pada akhirnya, sedotan ini tidak menimbulkan masalah limbah seperti hal nya sedotan plastik sekali pakai.

 

3. Sikat gigi bambu

Sikat gigi konvensional umumnya terbuat dari plastik, yang berkontribusi pada limbah di TPA. Sementara itu, sikat gigi bambu memiliki gagang yang dapat terurai secara alami. Dengan bulu sikat yang dapat didaur ulang, sikat ini menawarkan solusi berkelanjutan untuk kebersihan gigi.

 

4. Serbet kain

Serbet kain dapat digunakan kembali, menawarkan penyerapan yang lebih baik, dan mengurangi penggundulan hutan dan limbah air. Karenanya serbet kain lebih ramah lingkungan dibanding serbet kertas.

 

5. Beeswax food wrap

Ini merupakan salah satu solusi pengganti cling wrap yang dapat digunakan berulang kali dan ramah lingkungan. Beeswax food wrap biasanya terbuat dari 100 persen kain katun organik yang dilapisi lilin lebah dan minyak jojoba, sehingga aman dan dapat melindungi makanan tetap segar.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement