Senin 04 Dec 2023 13:20 WIB

Nusantara Regas Tanam Ratusan Bibit Kelapa Genjah di Pulau Kelapa

Nama Pulau kami ini Pulau Kelapa tapi kok pohon kelapanya jarang.

PT Nusantara Regas (NR) menanam ratusan pohon kelapa genjah di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu untuk merayakan Hari Menanam Pohon Indonesia.
Foto: Nusantara Regas
PT Nusantara Regas (NR) menanam ratusan pohon kelapa genjah di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu untuk merayakan Hari Menanam Pohon Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Nusantara Regas (NR) menanam ratusan pohon kelapa genjah di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu untuk merayakan Hari Menanam Pohon Indonesia. Kegiatan ini sekaligus sebagai salah satu rangkaian CSR di bidang lingkungan NR untuk mendukung penghijauan di Pulau Kelapa.

Pohon kelapa yang ditanam selanjutnya juga diharapkan memberi manfaat bagi ekonomi dan pemberdayaan masyarakat. Sekitar 200 bibit pohon kelapa genjah didatangkan dari Kebumen, Jawa Tengah, oleh Yayasan Dompet Dhuafa sebagai mitra pelaksana CSR NR kali ini.  

Kebumen selama ini dikenal sebagai salah satu penghasil bibit kelapa terbesar di Pulau Jawa. Bibit kelapa kemudian ditanam di tanah fasilitas umum di Pulau Kelapa Satu dan sisanya di rumah warga di Pulau Kelapa Dua. 

"Banyak yang komentar kepada kami. Nama Pulau kami ini Pulau Kelapa tapi kok pohon kelapanya jarang. Malah banyak antena yang bertebaran di mana-mana. Nah, ketika NR mau melakukan CSR penanaman pohon kelapa ini kami sangat senang,” kata Lurah Pulau Kelapa, Muslim. 

Dipilihnya waktu penanaman kelapa saat musim hujan adalah untuk mendukung pertumbuhan bibit menjadi lebih optimal. Selanjutnya untuk mendukung kebutuhan air saat musim kemarau, NR telah menyiapkan pendukung seperti instalasi pipa air, selang, tangki toren maupun kebutuhan pupuk rutin. 

”Saat ini target awalnya adalah pohon ini bisa adaptasi dan tumbuh baik di sini. Ada pendamping yang juga pemuda pulau setempat untuk menggerakkan partisipasi warga dan memonitor pertumbuhan pohon," kata Sekretaris Perusahaan Nusantara Regas, Ratna Dumila.

"Jika tumbuh baik, maka bertahap ke depan pohon ini bisa jadi icon Pulau Kelapa, bisa diolah untuk jadi nata de coco atau industri gula kelapa,” ujar dia menambahkan.

Nusantara Regas sebagai bagian dari Perusahaan afiliasi Pertamina yang menjalankan operasi fasilitas Floating Storage & Regasification Unit (FSRU) di Perairan Teluk Jakarta telah lama memiliki komitmen mendukung kelestarian lingkungan dan maju bersama dengan masyarakat pesisir di Kepulauan Seribu. Hal ini selaras dengan konsep ESG yang mendukung keberlanjutan perusahaan guna menciptakan value jangka panjang. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement