Sabtu 16 Dec 2023 04:53 WIB

Dapatkah Manusia Benar-benar Lepas dari Bahan Bakar Fosil? Ini Pendapat Pakar

Energi memiliki peran penting dalam kehidupan manusia.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Hingga kini, 80 persen energi yang digunakan manusia masih berasal dari bahan bakar fosil.
Foto: www.pixabay.com
Hingga kini, 80 persen energi yang digunakan manusia masih berasal dari bahan bakar fosil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Energi Internasional (IEA) memprediksi penggunaan bahan bakar fosil global akan mencapai puncaknya pada tahun 2025. Ini salah satunya dipicu oleh kesepakatan COP28 yang hanya mendorong transisi energi, tanpa menghentikan sepenuhnya penggunaan bahan bakar fosil.

Lantas akankah transisi ke energi terbarukan bisa terjadi dengan cepat, dan kita bisa terlepas dari kecanduan bahan bakar fosil? Akademisi dan pakar tentang peran energi dalam masyarakat, Vaclav Smil, sangat skeptis tentang hal itu. Menurut dia, energi memiliki peran penting dalam masyarakat karena bukan sekadar input dalam ekonomi global seperti inovasi atau teknologi informasi - energi adalah ekonomi.

Baca Juga

"Kita adalah masyarakat bahan bakar fosil, saya minta maaf tentang hal ini. Kita berbicara tentang satu miliar ton baja per tahun, empat miliar ton semen, dan empat miliar ton bahan bakar cair. Angka-angka astronomi ini hampir tidak dapat kita pahami. Hal ini mencerminkan betapa pentingnya energi dalam segala hal yang kita lakukan,” kata Smil seperti dilansir BBC, Jumat (15/12/2023).

Spesies manusia purba telah ada selama sekitar 300 ribu tahun. Selama 299 ribu tahun di antaranya, hampir semua dari manusia hidup dalam masa yang singkat yang ditandai dengan kehidupan yang membosankan dan kemiskinan. Semua itu mulai berubah sekitar tahun 1800 ketika manusia mulai mengeksploitasi simpanan fosil sinar matahari yang sangat besar di dunia. Hingga kini, 80 persen energi yang digunakan manusia masih berasal dari bahan bakar fosil.

Di sisi lain, angin dan matahari - dua harapan besar untuk masa depan energi bersih - telah berkembang pesat. Keduanya menyumbang sekitar 12 persen dari produksi listrik pada tahun 2022, menurut angka IEA, naik dari hampir tidak ada beberapa dekade yang lalu.

Namun, sebagian besar listrik (70 persen dari total) masih dihasilkan dari batu bara, minyak, dan gas. Dan listrik hanya menyumbang seperlima dari total konsumsi energi dunia. Jadi, angin dan matahari sebenarnya hanya bertanggung jawab atas sekitar 2 persen dari pasokan energi global.

Chris Stark, kepala pengawas iklim Inggris Climate Change Committee, lebih optimis daripada Prof Smil. Menurut dia, hasil kesepakatan COP28 untuk beralih dari bahan bakar fosil akan melibatkan elektrifikasi hampir semua hal, dan perangkat listrik cenderung lebih efisien daripada perangkat yang digerakkan oleh bahan bakar fosil.

"Pikirkan panas yang keluar dari kap mesin mobil Anda. Itu adalah energi yang terbuang. Anda tidak akan mendapatkan hal itu dengan mobil Listrik,” katanya.

Maksud Stark adalah bahwa dengan beralih ke solusi listrik, kita dapat mengurangi permintaan energi dan membuat konsumsi energi menjadi lebih kecil. Dia menyebutkan sebagai demand destruction.

“Listrik terbarukan sekarang sering kali lebih murah daripada bahan bakar fosil sehingga peralihan ini akan menghemat uang kita semua dari waktu ke waktu. Kita tidak membutuhkan subsidi besar dari pemerintah untuk mewujudkannya, uang swasta harus melakukan pekerjaan berat ini,” kata Mr Stark.

Namun bagaimanapun, biaya di muka tersebut merupakan masalah bagi negara-negara miskin, yang kesulitan untuk membiayai proyek-proyek yang mahal. Akan tetapi, ada kemajuan dalam hal ini, seperti yang telah dilakukan oleh perdana menteri Barbados, Mia Mottley.

Seorang investor yang mengumpulkan dana untuk pembangkit listrik tenaga surya di Jerman membayar empat atau lima persen per tahun sebagai pinjaman, di Zambia lebih dari 20 persen. Mottley merasa memiliki cara untuk menurunkan tingkat suku bunga tersebut, dan kini ia mendapat dukungan dari kepala Bank Dunia yang baru, lembaga yang berbasis di Washington yang membantu negara-negara berkembang untuk memajukan ekonomi mereka.

Mottley yakin bahwa jika Bank Dunia dapat menyerap sebagian risiko dari investasi energi terbarukan di negara-negara berkembang, hal ini akan dapat melepaskan ratusan miliar dolar pinjaman dari bank dan organisasi komersial lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement