Rabu 03 Jan 2024 18:55 WIB

Masuk 2024, Ubah Gaya Hidup Jadi Lebih Berkelanjutan, Ini Cara Memulainya

Perubahan gaya hidup berkelanjutan bisa dimulai dengan cara sederhana.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Menjadikan hidup di 2024 lebih berkelanjutan dan bertanggung jawab cukup mudah dilakukan.
Foto:

4. Pakaian

Industri fesyen menghasilkan lebih dari 92 juta ton sampah setiap tahunnya, yang sebagian besar dibakar, dikirim ke tempat pembuangan akhir, atau diekspor ke negara-negara berkembang. Ada banyak cara untuk menjadi modis dan berkelanjutan, termasuk upcycling pakaian lama, membeli pakaian lokal dan tidak menggunakan pewarna buatan, hingga membeli baju bekas atau thrifting.

 

5. Pengelolaan limbah

Manusia menghasilkan lebih dari 2 miliar metrik ton sampah kota di seluruh dunia setiap tahunnya. Angka ini diperkirakan akan meningkat 70 persen pada tahun 2050. Ada banyak perubahan kecil yang bisa kita lakukan untuk mengurangi jumlah sampah yang kita buang ke tempat sampah.

Menulis daftar belanja dapat mengurangi pembelian yang berlebihan dan pembelian impulsif. Bawalah tas yang dapat digunakan kembali saat berbelanja. Dan jika memungkinkan, mulailah berbelanja tanpa kemasan. Ada beberapa tempat untuk membeli makanan tanpa kemasan berlebih seperti toko-toko zero waste di mana pelanggan didorong untuk menggunakan wadah dari rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement