Senin 08 Jan 2024 21:19 WIB

Musim Dingin Ekstrem Mulai Landa Dua Wilayah Pesisir AS

Peringatan dan pengawasan cuaca mulai diberlakukan di seluruh wilayah Timur Laut, AS.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Badai salju melanda kawasan timur dan utara Amerika Serikat (ilustrasi).
Foto: AP PHOTO
Badai salju melanda kawasan timur dan utara Amerika Serikat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cuaca musim dingin melanda kedua pesisir AS, ketika warga New England bersiap menghadapi campuran salju dan hujan yang lebih deras sepanjang akhir pekan. Adapun badai Sierra Nevada yang membawa salju lebat menutup jalan raya antarnegara bagian dan sempat memadamkan aliran listrik bagi puluhan ribu orang di Reno, Nevada.

Peringatan dan pengawasan badai musim dingin diberlakukan di seluruh wilayah Timur Laut, dan jalan-jalan yang tertutup es menyebabkan perjalanan hingga ke North Carolina menjadi lebih berbahaya.

Baca Juga

Layanan Cuaca Nasional (NWS) mengatakan bahwa ini adalah badai musim dingin besar yang akan berlanjut hingga Ahad malam, dengan salju setinggi 30 centimeter di beberapa bagian New England dan hujan es di bagian tengah Appalachian. Gubernur New York, Kathy Hochul, memperkirakan dua pertiga dari negara bagiannya akan mendapatkan salju setebal 20 sentimeter atau lebih.

“Untungnya salju tidak turun di beberapa wilayah yang lebih padat penduduknya di bagian selatan negara bagian, Long Island dan New York City,” kata dia.

"Jika mereka mendapatkan sesuatu di luar hujan, itu akan menjadi wintry mix setebal 2,5 hingga 5 centimeter. Tapi bagi tier Selatan, ini akan menjadi badai salju besar pertama tahun ini dan kami siap menghadapinya," tambah Hochul seperti dilansir AP, Senin (8/1/2024).

Di bagian Barat, peringatan badai musim dingin berlaku hingga Sabtu malam di Sierra Nevada dari selatan Taman Nasional Yosemite hingga utara Reno, di mana layanan cuaca mengatakan bahwa salju setebal 51 sentimeter dapat turun di pegunungan di sekitar Danau Tahoe dengan hembusan angin berkecepatan hingga 160 km/jam di atas puncak gunung.

Sementara itu, menurut California Highway Patrol (CHP), terjadi banyak tabrakan yang memaksa penutupan sementara selama beberapa jam dari sebelah barat Truckee, California, ke garis negara bagian di sebelah barat Reno, di mana lebih dari 27 ribu rumah kehilangan listrik karena angin kencang pada tengah hari.

Kurang dari 1.000 pelanggan tidak mendapatkan aliran listrik pada malam hari, sementara jalur barat telah dibuka kembali. Namun salju terus turun di Reno dan CHP memperingatkan potensi penutupan sepanjang malam.

Layanan cuaca mengatakan bahwa sistem tersebut akan terus membawa salju pegunungan yang lebat dan hujan di pesisir pantai, sebelum bergerak ke California bagian tengah dan Selatan, kemudian ke Barat Daya dan Pegunungan Rocky bagian selatan.

Sistem East Coast diperkirakan akan melintasi sepanjang garis pantai timur laut sepanjang akhir pekan, dengan hujan salju terberat diperkirakan akan turun di Pennsylvania, sebagian Lembah Hudson, dan sebagian New England.

Di Massachusetts dan sebagian Rhode Island, Layanan Cuaca Nasional mengumumkan peringatan badai musim dingin mulai pukul 16.00 Sabtu hingga pukul 01.00 Senin, dengan akumulasi salju setebal 15,2 centimeter hingga 30,4 sentimeter dan hembusan angin berkecepatan 56 km/jam.

Layanan cuaca memperkirakan tingkat salju yang sama di beberapa bagian Maine dan New Hampshire, dengan salju yang sedikit lebih sedikit 7,6 hingga 15,2 centimeter di daerah Vermont.

Walikota Boston, Michelle Wu, mengatakan bahwa pihaknya sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi badai, namun tidak mengharapkan badai ini menjadi peristiwa besar. Ia pun berharap, waktu turunnya salju tidak akan terlalu berdampak pada kehidupan kota.

Es tiba pada Sabtu pagi di beberapa wilayah Carolina Utara bagian barat dan Virginia bagian selatan, mulai dari lapisan tipis hingga sekitar 6,4 millimeter. Watauga County, North Carolina, mengalami jumlah tertinggi, kata ahli meteorologi Dennis Sleighter dari kantor Layanan Cuaca Nasional di Blacksburg, Virginia.

Layanan Cuaca Nasional di Mount Holly, New Jersey, mengatakan salju setebal 15,2 hingga 30,4 sentimeter dapat turun di pegunungan Pocono bagian selatan dan New Jersey bagian utara, dengan salju yang lebih kecil dan hujan es yang berubah menjadi hujan di daerah lain yang dapat menyebabkan banjir. Para peramal cuaca juga memperingatkan kondisi laut yang berbahaya pada Sabtu malam dengan hembusan angin kencang dan gelombang laut setinggi 1,8 hingga 3 meter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement