Kamis 11 Jan 2024 06:30 WIB

Bioenergi Jadi Solusi Transisi Energi, Ini Komentar Tim Kemenangan Paslon Capres-Cawapres

Bioenergi dinilai menjadi solusi 'palsu' dalam transisi energi.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Bahan bakar yang bersumber dari biomassa dan biofuel dinilai berdampak negatif baik untuk kelestarian lingkungan maupun kesejahteraan masyarakat.
Foto:

2. TKN Capres Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming

Drajad Wibowo, TKN Capres Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming, mengatakan bahwa bioenergi paling realistis dari sisi pembiayaan di antara semua alternatif energi bersih. Drajad menjelaskan bahwa pihaknya juga melihat alternatif lain yang lebih ideal seperti energi panas bumi. Namun, biaya pengembangan energi panas bumi atau geothermal masih sangat mahal, sehingga tidak akan realistis untuk diwujudkan dalam waktu dekat.

“Saya sepakat, ada energi lain yang lebih ideal. Tapi kita butuh aksi, dan aksi itu harus dilakukan. Dan ketika kita melakukan aksi itu, tidak semua yang ideal bisa kita tempuh. Makanya program-program yang disampaikan Prabowo Gibran adalah program yang realistis, dan memang sesuai dengan tantangan dan kebutuhan kita,” kata Drajad.

Untuk itu, kata dia, pihaknya akan menambah anggaran riset bagi peneliti Indonesia di BRIN, dengan harapan bisa menemukan solusi pengembangan geothermal yang lebih ekonomis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement