Kamis 11 Jan 2024 06:30 WIB

Bioenergi Jadi Solusi Transisi Energi, Ini Komentar Tim Kemenangan Paslon Capres-Cawapres

Bioenergi dinilai menjadi solusi 'palsu' dalam transisi energi.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Bahan bakar yang bersumber dari biomassa dan biofuel dinilai berdampak negatif baik untuk kelestarian lingkungan maupun kesejahteraan masyarakat.
Foto:

3. TKN Ganjar Pranowo – Mahfud MD

Agus Hermanto, Dewan Pakar TPN Calon Presiden Ganjar Pranowo - Mahfud MD, mengatakan bahwa pelabelan solusi palsu untuk bioenergi terlalu tendensius. Memang betul, kata dia, bioenergi belum sesuai dengan harapan, namun bagaimanapun bioenergi merupakan lompatan awal yang harus dilalui dalam transisi energi.

“Bioenergi ini harus kita lalui. Karena untuk melakukan transisi energi itu ada tahapan-tahapannya, dan kami sudah merancang tahapan itu, salah satunya dengan memakai bioenergi,” kata Agus.

Ia mengatakan bahwa ke depan pihaknya ingin fokus mengembangkan panas bumi atau geothermal, mengingat potensi panas bumi di Indonesia sangat berlimpah bisa mencapai sekitar 23 ribu megawatt atau terbesar kedua di dunia.

“Tapi memang betul dari biaya pengembangan geothermal di awal, barangkali untuk 5-7 tahun di awal itu akan memiliki nilai produksi yang tinggi,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement