Selasa 30 Jan 2024 16:45 WIB

China Dorong Penggunaan Teknologi dalam Pengelolaan Karbon

China gunakan manfaatkan big data hingga IoT tingkatkan manajemen karbon.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
China memanfaatkan komputasi awan, big data, Internet of Things, dan teknologi digital lainnya untuk meningkatkan manajemen karbon.
Foto: Freepk
China memanfaatkan komputasi awan, big data, Internet of Things, dan teknologi digital lainnya untuk meningkatkan manajemen karbon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiongkok telah secara aktif memanfaatkan komputasi awan, big data, Internet of Things, dan teknologi digital lainnya untuk meningkatkan manajemen karbon dan mencapai tujuan karbon gandanya.

Data listrik, minyak bumi, gas alam, dan konsumsi karbon dari perusahaan dan institusi di Tianjin, Tiongkok utara, dipantau dan ditampilkan secara real-time di Carbon Peaking and Carbon Neutrality Operation Service Center di Tianjin.

Baca Juga

Pusat layanan ini mengubah konsumsi daya listrik menjadi emisi karbon berdasarkan data yang dikumpulkan dari pemerintah daerah, perusahaan, dan lembaga penelitian, lalu menyesuaikan rencana konservasi energi untuk mengurangi emisi karbon mereka.

Tianjin BTR New Energy Technology Co, Ltd, pemasok bahan baterai lithium-ion, mendapat manfaat dari pusat layanan tersebut. Mengikuti rencana yang dibuat khusus, perusahaan ini memasang 10 peralatan konversi termal untuk mendaur ulang limbah panas yang dihasilkan selama proses pendinginan, dan telah memangkas emisi karbon dioksida tahunannya hingga lebih dari 1.000 ton.

Perusahaan-perusahaan di Tiongkok tengah menyaksikan manfaat nyata melalui penghitungan karbon, yang menghitung emisi karbon mereka dan mengukur dampak iklim mereka.

Shanxi Tianbao Group Co, Ltd membuat akun cloud untuk manajemen energi dan karbon di seluruh produksinya, memberikan analisis yang jelas mengenai konsumsi energi dan peringkat efisiensi ratusan fasilitasnya.

“Diharapkan dapat mengurangi 5.000 ton emisi karbon per tahun,” kata kepala perusahaan seperti dilansir Xinhua, Selasa (30/1/2024).

Dua pengukur karbon elektrik dipasang di perusahaan pengolahan logam di Daerah Otonomi Xinjiang Uygur. Ini menandai debut terminal pengukuran emisi karbon baru di wilayah barat laut Tiongkok, yang mampu melacak dan mengukur emisi karbon secara akurat serta memfasilitasi produksi hijau, pengurangan biaya, dan efisiensi.

Pada tahun 2022, intensitas emisi karbon Tiongkok turun lebih dari 51 persen dari tingkat emisi karbon tahun 2005, kata Xia Yingxian, direktur departemen perubahan iklim di Kementerian Ekologi dan Lingkungan.

Komitmen Tiongkok terhadap tujuan karbon ganda tercermin dalam kebijakan-kebijakan di tingkat nasional. Sekitar 120 kebijakan diperkenalkan dari tahun 2022 hingga sembilan bulan pertama tahun 2023, terutama di bidang energi, listrik, dan industri, seperti yang diuraikan dalam Buku Hijau Perubahan Iklim yang dirilis pada akhir tahun 2023.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement