Sabtu 03 Feb 2024 12:35 WIB

Dibalik Nama Besarnya, Selebritas Hollywood Ini Terlibat dalam Aksi Iklim

Sejumlah selebtitas Hollywood turut bersuara kampanyekan dampak perubahan iklim.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Aktor Leonardo DiCaprio menjadi selebritas Hollywood yang paling vokal terlibat dalam aksi iklim.
Foto: EPA
Aktor Leonardo DiCaprio menjadi selebritas Hollywood yang paling vokal terlibat dalam aksi iklim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perubahan Iklim adalah salah satu isu paling mengkhawatirkan yang mengancam peradaban manusia. Dan saat ini, ada banyak selebriti terkenal seperti Leonardo DiCaprio hingga Joaquin Phoenix, yang telah vokal dalam berbagai kampanye dan aksi perubahan iklim.

Aktivisme selebriti adalah salah satu cara yang berpengaruh untuk menjangkau masyarakat. Faktanya, keterlibatan selebriti dalam aksi iklim dan kegiatan amal telah menginsprasi para penggemar dan orang-orang di seluruh dunia. Dilansir dari Volunterr FDIP, Sabtu (3/2/2024), berikut deretan selebriti yang telah berkontribusi aksi-aksi memerangi perubahan iklim.

Baca Juga

 

1. Shailene Woodley

 

Bintang film “Divergent” ini adalah salah satu aktivis lingkungan yang menginspirasi dan terus-menerus mengadvokasi perlindungan lingkungan. Dia adalah salah satu selebriti yang diakui secara luas untuk kontribusi sosial dan lingkungannya. Woodley telah bermitra dengan LSM lingkungan terbesar dan menjabat sebagai Greenpeace Ocean Ambassador untuk memerangi polusi plastik pada tahun 2019.

Ia juga pernah ditangkap polisi saat berunjuk rasa menentang pembangunan pipa minyak di North Dakota, Amerika Serikat. Selain itu, Woodley telah mengubah gaya hidupnya menjadi lebih berkelanjutan. Tak heran banyak dari penggemar Woodley yang ikut terinspirasi.

 

2. Leonardo DiCaprio

Aktor dan produser terkenal, Leonardo DiCaprio menjadi salah satu pencinta lingkungan paling vokal di Hollywood. Dia telah mendirikan Leonardo DiCaprio Foundation (sekarang bergabung dengan Re:wild) pada tahun 1998 yang berfokus pada masalah lingkungan, memulihkan ekosistem vital dan perlindungan spesies yang terancam punah.

Sebagai seorang aktor, ia telah menggunakan film sebagai media untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap perubahan iklim. "The 11th Hour" yang ditulis dan diproduksi olehnya adalah sebuah film dokumenter yang berkaitan dengan pemanasan global, yang mengumpulkan 40 juta dolar AS dan menjadi acara amal lingkungan terlaris sepanjang masa.

Demikian juga, yayasannya menyumbangkan 1 juta dolar AS untuk melindungi populasi harimau liar Nepal pada tahun 2010. Yayasan ini telah memberikan sekitar 80 juta dolar AS dalam bentuk hibah dan telah mendanai beberapa proyek di lebih dari 50 negara di seluruh dunia.

 

3. Ben Affleck

Ben Affleck adalah seorang aktor dan aktivis lingkungan yang berjuang untuk isu-isu lingkungan yang kritis dan meningkatkan kesadaran untuk memerangi Perubahan Iklim. Dia adalah penerima Environment Media Award pada tahun 2013. Dia selalu sangat vokal tentang dampak perubahan iklim dan polusi di alam.

Dia adalah pecinta keberlanjutan yang bersemangat dan mempromosikan gaya hidup ramah lingkungan seperti daur ulang.  Dia menggunakan situs jejaring sosialnya seperti Twitter untuk mendorong pengikutnya mengambil tindakan iklim, mempromosikan environmentalisme dan akhirnya berkomitmen untuk hidup berkelanjutan dengan membuat pilihan sadar lingkungan.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement