Senin 19 Feb 2024 14:00 WIB

Pasangan Suami Istri Ubah Sampah Pemilu Jadi Produk Kreatif

Sampah APK didaurulang menjadi totebag dengan corak Nusantara.

Sampah alat peraga kampanye (ilustrasi).
Foto: ANTARA FOTO/Irwansyah Putra
Sampah alat peraga kampanye (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasangan Suami Istri, Imam Pesuwaryantoro dan Anjar Ningtias, berhasil mengubah sampah alat peraga kampanye Pemilu 2024 menjadi prototipe produk kreatif yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Pertama-tama desain disesuaikan dengan konsep nusantara sebagai motif atau corak desain produk totebag," kata Imam Pesuwaryantoro dilansir ANTARA.

Baca Juga

Ia menjelaskan proses pembuatan upcycling produk kreatif berbahan dasar kombinasi material (poly-vinyl chloride) dari Sampah APK (Alat Peraga Kampanye) yang dirajut pada kain felt memerlukan waktu pengerjaan dua jam hingga tiga jam dengan pola desain Nusantara sebagai luaran produk berupa totebag dimana terbuat dari 15 sampah botol plastik. Setelah sudah dibuat pola dan motif, kombinasi material bahan baku bisa dijahit serta disesuaikan dengan ukuran bahan baku pada desain totebag yang ingin diproduksi.

Konsep ini sejalan dengan Program Ekonomi Sirkular adalah bagian penting dari solusi komprehensif. Sebab sebagai bagian dari Program yang berkelanjutan berbasis SDGs no 11 Sustainable Cities and Communities, SDGs no 12 Responsible Consumption and Production, dan SDGs No.17 Partnership For The Goals.

"Untuk itu, saya mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia terutama para caleg DPRD Kota/ Kabupaten, Provinsi, DPR RI dan DPD RI untuk mulai melakukan pemilahan sampah APK Pemilu 2024 sebagai Program Strategis EPR (Extended Producer Responsibility)," kata dia.

Menurut dia dampak lingkungan dari pemasangan baliho dapat menimbulkan pertanyaan tentang keberlanjutan dan dampak ekologisnya. Sebab bahan yang digunakan terbuat dari plastik yang membutuhkan 400 tahun lebih untuk bisa terurai dan terdekomposisi.

Imam sebagai Changemakers Pemuda Kota Bekasi menjelaskan sampah ini berbahan dasar kain felt dari sampah botol plastik dan kombinasi material PVC (poly-vinyl chloride) akan dilombakan pada Ajang Lomba Inovasi Tingkat Internasional yang bernama "International Exhibition of Invention of Geneva" pada 17 - 21 April 2024.

Lomba inovasi ini diikuti lebih dari 45 negara yang berpartisipasi dan dihadiri lebih dari 30.000 pengunjung yang akan ikut meramaikan sebagai ekosistem proses business matching antara inovator, investor dan pemangku stakeholder (Akademisi, Business, Government, Community, and Media)

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement