Sabtu 09 Mar 2024 00:29 WIB

Tanam 15 Ribu Pohon, InJourney Bangun Ekosistem Pariwisata Berkelanjutan

Kegiatan ini mendukung misi InJourney membangun ekosistem pariwisata berkelanjutan.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Holding BUMN Pariwisata dan Pendukungnya, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, menyelenggarakan kegiatan penanaman 15 ribu pohon pada Jumat (8/3/2024).
Foto:

Dony mencontohkan InJourney bersama BRI menyelenggarakan aksi penanaman seribu pohon di Pesisir Danau Toba tepatnya di Desa Silalahi, Pagar Batu Dusun 3 saat ajang F1Powerboat Danau Toba pada awal Maret ini. Dony mengatakan hal ini bentuk komitmen perusahaan dalam mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan dengan mewujudkan nilai-nilai green and sustainable tourism.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono mengatakan InJourney sebagai orkestrator pariwisata di Indonesia memiliki kewajiban dalam menjaga keberlangsungan wisata alam. Maya menyampaikan implementasi pariwisata hijau juga dilakukan di seluruh operasional bisnis InJourney, seperti di bandara yang telah memanfaatkan PLTS dan penggunaan lampu penerangan menggunakan Solar Cell, penerapan sistem manajemen energi dan pemanfaatan energi terbarukan, penerapan green airport di seluruh bandara yang mengacu pada standar greenship atau bangunan hijau. 

"TMII yang memiliki area terbuka sekitar 70 persen menghadirkan lingkungan yang asri dengan udara yang sejuk bagi para pengunjung," ujar Maya.

InJourney, lanjut Maya, sudah mengimplementasikan kawasan bebas kendaraan bermotor di TMII sehingga disediakan electric vehicle untuk mobilitas para pengunjung. Selain itu, disediakan pula jalur khusus pesepeda sehingga semakin memperkuat visi TMII menjadi lokasi wisata yang ramah lingkungan.

Selain itu, di destinasi pariwisata seperti di Nusa Dua, Mandalika, dan Golo Mori NTT yang dikelola oleh ITDC juga menerapkan pengelolaan sampah terpadu mandiri dan pengelolaan air limbah dengan teknologi waste stabilization ponds. Maya melanjutkan, Sarinah juga telah melakukan program food waste management serta pengurangan plastik sekali pakai. 

"Ke depannya, berbagai inisiatif program keberlanjutan akan terus dilakukan untuk membangun sektor pariwisata yang hijau serta memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat lokal," kata Maya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement