Senin 08 Apr 2024 18:10 WIB

Terumbu Karang Bisa Pulih Kembali Dampak dari Gelombang Panas

Namun, butuh waktu cukup lama untuk terumbu karang untuk pulih kembali.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Koloni karang cabang (acropora sp) di kawasan konservasi (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Bayu Pratama S
Koloni karang cabang (acropora sp) di kawasan konservasi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah studi baru menemukan bahwa terumbu karang dapat pulih kembali dari pemutihan yang disebabkan oleh gelombang panas dan gangguan lainnya selama ada cukup waktu. Penelitian yang dipimpin oleh Australian Institute of Marine Science (AIMS) didasarkan pada data yang dikumpulkan selama 30 tahun di Scott Reefs yang terpencil, terletak di antara barat laut Australia Barat dan Indonesia.

Penelitian ini mencakup periode gangguan termasuk siklon yang kuat dan pemutihan massal pada tahun 2016 dan 2017 yang disebabkan oleh suhu laut yang memanas. Studi ini menemukan siklus keruntuhan dan pemulihan, di mana jumlah karang menurun dan kemudian beregenerasi secara perlahan.

Baca Juga

Ilmuwan terumbu karang AIMS, Dr Luke Thomas, mengatakan bahwa temuan ini menawarkan secercah harapan bagi terumbu karang.

"Hal ini menunjukkan ketahanan ekosistem terumbu karang bahwa ada kemampuan yang melekat untuk pulih dari gangguan. Masalahnya adalah perlu waktu yang cukup bagi mereka untuk pulih,” kata Dr Thomas seperti dilansir Phys, Senin (8/4/2024).

“Tapi ketika peristiwa pemutihan karang terjadi setiap tahun, seperti yang diperkirakan ilmuwan, itu adalah cerita lain. Jika ada gangguan berulang dan karang tidak dapat pulih - ekosistem ini akan runtuh,” tegas Thomas.

Penelitian ini berfokus pada karang Acropora yang membentuk terumbu karang, dan mencakup studi genetik yang menunjukkan bahwa keanekaragaman karang tetap terjaga dari waktu ke waktu. Ini merupakan sebuah komponen kunci dari ketahanan karang terhadap perubahan iklim.

Dr Thomas mengatakan bahwa penelitian ini merupakan salah satu penelitian pemantauan karang yang paling rinci di dunia.

"Ini adalah salah satu dari sedikit kumpulan data, di mana kami tidak hanya melihat satu gambaran saja, tetapi juga bagaimana gangguan berdampak pada populasi karang dari waktu ke waktu," kata dia.

Ia menjelaskan bahwa keanekaragaman genetik adalah bahan bakar untuk adaptasi dan sangat penting bagi terumbu karang, terutama pada sistem terpencil seperti Scott Reefs, di mana populasinya terisolasi dari terumbu karang di sekitarnya dan bergantung pada sumber larva lokal untuk mempertahankan populasi yang sehat.

"Terumbu Karang Scott memungkinkan kita untuk memahami proses fundamental dalam ekologi dan evolusi dalam isolasi. Pelajaran ini kemudian dapat diterapkan pada sistem yang lebih besar seperti Great Barrier Reef,” jelas Thomas.

Para ilmuwan kelautan telah bersiap menghadapi musim panas, dengan beberapa gelombang panas laut yang terdeteksi di perairan Australia utara, yang didorong oleh kondisi El Nino, Indian Ocean Dipole (IOD) yang positif, dan perubahan iklim.

Lebih lanjut Thomas mengatakan bahwa prognosis jangka panjang untuk terumbu karang sulit dilakukan karena gangguan terkait perubahan iklim diperkirakan akan meningkat. "Penelitian kami menunjukkan ketahanan sistem terumbu karang saat ini," katanya.

"Mereka luar biasa, mereka dapat menangani banyak tekanan dan banyak gangguan. Tetapi perubahan iklim mendekati titik kritis di mana karang tidak akan dapat pulih,” jelas dia.

Makalah ini dipublikasikan ketika survei udara yang dilakukan oleh AIMS dan Otoritas Taman Laut Great Barrier Reef telah mengonfirmasi peristiwa pemutihan massal kelima sejak tahun 2016 yang terjadi di Taman Laut Great Barrier Reef.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement