Rabu 14 May 2025 16:37 WIB

Kolaborasi FamilyMart dan Pandawara Group Wujudkan Sungai Bebas Sampah

FamilyMart menggandeng Pandawara Group kumpulkan total 8 ton sampah

FamilyMart menggandeng Pandawara Group, komunitas anak muda yang dikenal luas atas kepeduliannya terhadap isu lingkungan, khususnya dalam membersihkan sungai dari sampah. Dalam kegiatan tersebut, berhasil dikumpulkan total 8 ton sampah dari aliran sungai.
Foto: dok Fajar Mitra Indah
FamilyMart menggandeng Pandawara Group, komunitas anak muda yang dikenal luas atas kepeduliannya terhadap isu lingkungan, khususnya dalam membersihkan sungai dari sampah. Dalam kegiatan tersebut, berhasil dikumpulkan total 8 ton sampah dari aliran sungai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka memperingati Hari Bumi, PT Fajar Mitra Indah (FamilyMart Indonesia) meluncurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) bertajuk “Satu Kopi, Satu Aksi.” Kampanye ini menjadi langkah awal FamilyMart dalam mengajak pelanggan berpartisipasi menjaga lingkungan melalui aksi nyata yang berdampak langsung.

Program “Satu Kopi, Satu Aksi” dimulai pada 22 April 2025, bertepatan dengan peringatan Hari Bumi. Selama dua hari, setiap pembelian produk Kopi Susu Keluarga secara otomatis dikonversi menjadi donasi untuk mendukung kegiatan pembersihan sungai. Melalui partisipasi pelanggan, secangkir kopi menjadi bentuk kontribusi nyata terhadap masa depan bumi yang lebih bersih.

Puncak kegiatan berlangsung pada 30 April 2025, dengan aksi bersih-bersih sungai di wilayah Jabodetabek. FamilyMart menggandeng Pandawara Group, komunitas anak muda yang dikenal luas atas kepeduliannya terhadap isu lingkungan, khususnya dalam membersihkan sungai dari sampah. Dalam kegiatan tersebut, berhasil dikumpulkan total 8 ton sampah dari aliran sungai.

FamilyMart memastikan bahwa sampah yang terkumpul tidak berakhir di tempat pembuangan akhir. Dengan menggandeng mitra pengelola sampah, seluruh sampah dipilah dan didaur ulang. Sampah plastik yang telah diolah kemudian dikirimkan ke Robries, untuk diubah menjadi produk upcycle seperti meja dan kursi ramah lingkungan. Produk-produk ini nantinya akan dipajang di beberapa gerai FamilyMart sebagai simbol perubahan dan sarana edukasi kepada pelanggan.

CEO FamilyMart Indonesia, Wirry Tjandra, menyampaikan program ini merupakan bentuk komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan lingkungan. Wirry Tjandra menyebut tanggung jawab perusahaan tidak hanya terletak pada pertumbuhan bisnis, tetapi juga pada keberlanjutan lingkungan.

Melalui program 'Satu Kopi, Satu Aksi', perseroan ingin mengambil langkah nyata dalam pelestarian sungai dan lingkungan sekitar. Hanya saja, pihaknya menyadari tidak bisa berjalan sendiri dimana dibutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak—masyarakat, komunitas, dan pelanggan.

"Mari kita mulai dari hal-hal kecil: membuang sampah pada tempatnya, tidak mencemari saluran air, dan ikut serta dalam kegiatan bersih-bersih sungai. Kami berharap, melalui langkah ini, generasi mendatang masih bisa menikmati keindahan dan manfaat sungai yang lestari.”

FamilyMart percaya bahwa kolaborasi antara perusahaan, komunitas, dan pelanggan dapat menciptakan perubahan nyata bagi bumi. Kampanye ini menjadi komitmen awal dalam perjalanan panjang menuju masa depan yang lebih berkelanjutan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement

Rekomendasi

Advertisement